Gedung Pencakar Langit Penjernih Polusi Udara, Hilangkan 1.000 Ton Karbon Setara 48.500 Pohon

Jum'at, 19 November 2021 - 19:17 WIB
loading...
Gedung Pencakar Langit Penjernih Polusi Udara, Hilangkan 1.000 Ton Karbon Setara 48.500 Pohon
Arsitek Amerika Serikat merancang desain gedung pencakar langit yang mampu menghilangkan karbon di udara disebut sebagai Urban Sequoias. Foto/Ist/dailymail
A A A
CHICAGO - Ide pembangunan gedung pencakar langit sebagai tempat modern sekaligus membantu membersihkan udara di sekitarnya tampaknya terdengar seperti film fiksi ilmiah. Namun, arsitek Amerika Serikat mewujudkannya, sebuah desain gedung pencakar langit yang mampu menghilangkan karbon di udara yang disebut sebagai Urban Sequoias.

Sesuai namanya, Urban Sequoias -nama pohon tertinggi di dunia, prototipe gedung pencakar langit ini didesain mampu menghilangkan 1.000 ton karbon dari atmosfer atau setara kekuatan dengan 48.500 pohon. Desain ini adalah gagasan perusahaan arsitektur global Skidmore, Owings & Merrill yang berkantor pusat di Chicago, Illinois, Amerika Serikat.

“Ini adalah jalan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. Bayangkan sebuah dunia dengan bangunan yang mampu membantu menyembuhkan planet ini,” kata Kent Jackson, dari Skidmore, Owings & Merrill, dikutip dari laman dailymail pada 17 November 2021. (Baca juga; Dianggap Proyek Gagah-gagahan, China Batasi Pembangunan Gedung Pencakar Langit )
Gedung Pencakar Langit Penjernih Polusi Udara, Hilangkan 1.000 Ton Karbon Setara 48.500 Pohon

Bangunan gedung pencakar langit ini menggunakan berbagai pendekatan untuk menyerap karbon. Mulai dari konstruksi yang menggunakan bahan penyerap karbon, menambahkan tanaman dan ganggang (untuk bahan bakar, energi dan makanan), serta teknologi penangkapan udara. (Baca juga; Gokil, Pekerja Gedung Pencakar Langit Pasang Perancah Tanpa Sabuk dan Jaring Pengaman )

Bahan bangunan yang digunakan gedung pencakar langit ini, adalah bio-bata, biocrete, hempcrete, dan kayu. Semua bahan itu lebih sedikit menghasilkan karbon dan beberapa di antaranya terus menyerap karbon dari waktu ke waktu. Penggunaan bahan bangunan ini untuk mengurangi dampak karbon dari konstruksi hingga 50 persen dibandingkan dengan menggunakan beton dan baja.
Gedung Pencakar Langit Penjernih Polusi Udara, Hilangkan 1.000 Ton Karbon Setara 48.500 Pohon

Terakhir dibantu dengan 'efek tumpukan' pada desain gedung bertingkat, yang mampu menarik udara ke tengah gedung untuk memproses ekstraksi karbon, sekaligus berkontribusi pada sistem energi bersih pada bangunan tersebut. “Kami menyatukan ide-ide desain baru dengan solusi berbasis alam, teknologi penyerapan karbon dan mengintegrasikannya dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya,” lanjut Kent Jackson.

Karbon yang ditangkap dapat digunakan untuk memproduksi biomaterial untuk jalan, trotoar, pipa dan barang-barang lainnya untuk mengembangkan infrastruktur perkotaan. Desain Urban Sequoia diperkirakan mampu bertahan setidaknya sampai 60 tahun dan mampu menyerap 4 kali karbon yang dilepaskan sebagai hasil konstruksinya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2444 seconds (0.1#10.140)