Sampah Luar Angkasa Siap Diolah Jadi Bahan Bakar Roket

Minggu, 21 November 2021 - 09:53 WIB
loading...
Sampah Luar Angkasa Siap Diolah Jadi Bahan Bakar Roket
Sampah luar angkasa aka dikelola menjadi bahan bakar roket. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Perusahaan Antariksa Neumann di Australia selatan bergabung dengan organisasi antariksa dari upaya internasional untuk mendaur ulang puing-puing ruang angkasa yang berbahaya menjadi bahan bakar roket di luar angkasa.

Seperti dilansir dari The Guardian Minggu (21/11/2021), orbit bumi semakin tersumbat dengan puing-puing dari pesawat ruang angkasa tua.

BACA JUGA - Bulan Terbelah Dua Banyak Temuan Fakta Ilmiah yang Sama dengan Al-Quran

Satelit mati dan bagian roket bekas berputar dengan kecepatan 28.000 kilometer per jam, menimbulkan ancaman bagi satelit komunikasi dan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kecepatan itu dapat menimbulkan risiko bagi fasilitas seperti ISS serta manusia di dalamnya meskipun hanya terkena sekrup kecil atau serpihan cat.

Perusahaan sedang mengembangkan sistem propulsi listrik di luar angkasa' yang dapat digunakan di orbit rendah bumi untuk memperluas misi pesawat ruang angkasa, memindahkan satelit, atau mendekorasi.

Perusahaan juga bekerja sama dengan tiga perusahaan lain untuk mengubah sampah antariksa menjadi bahan bakar untuk sistem propulsi.

Pekan lalu, aksi Rusia menembakkan rudal menyebabkan salah satu satelitnya hancur dan pecahannya terbang ke luar angkasa.

Amerika Serikat menggambarkan puing-puing itu sebagai 'mengancam kepentingan semua negara.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3777 seconds (10.55#12.26)