Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus

Minggu, 21 November 2021 - 13:02 WIB
loading...
A A A
Sebagian besar peneliti percaya bahwa ukuran komodo adalah produk dari evolusi genetik dan gigantisme pulau. Satu teori mengatakan bahwa komodo makhluk purba yang berevolusi sebelum genus lainnya mati mirip dengan cara genus Megalania punah.

Teori lain menunjukkan bahwa karena komodo hanya ada di bagian tertentu di Indonesia sehingga tidak ada karnivora lain untuk bersaing mencari makan sehingga tetap ada sampai saat ini.

Dalam ekosistem tempat keberadaan komodo, ia mendominasi ekosistem tempat tinggalnya. Komodo memangsa apa pun, mulai dari invertebrata hingga mamalia yang ditemuinya.

Karena lokasinya yang terisolir, komodo kebanyakan memakan rusa timor dan bangkai apa pun yang dapat ditemukannya. Ada banyak laporan di mana seekor komodo menyerang manusia yang ditemuinya.

Dulu diyakini bahwa komodo memiliki racun yang ada di air liurnya, tetapi itu dibantah. Alih-alih racun, kelenjar di air liur komodo sebenarnya adalah antikoagulan yang mencegah pembekuan darah.

Komodo hidup secara eksklusif di Indonesia, jadi jika Anda yang pernah melihatnya di tempat lain di dunia, itu mungkin diambil dari habitanya di Indonesia.



Secara alami, komodo hanya dapat ditemukan di pulau Rinca, Gili Montang, Gili Dasami, dan Flores. Sebaliknya, spesies biawak atau kadal lainnya dapat ditemukan tersebar di Afrika, Asia, dan Australia.

Meskipun komodo telah menjadi daya tarik wisata di Indonesia, namun pemandu lokal berhati-hati untuk tidak membiarkan wisatawan terlalu dekat. Bagaimana pun komodo bisa berbahaya bagi manusia karena memiliki kemampuan untuk berlari, menyerang, dan bahkan membunuh manusia.

Komodo adalah biawak atau kadal yang mematikan. Meskipun tidak sulit untuk membedakan antara komodo dan biawak lainnya, Anda dapat melihat perbedaan menonjol komodo dalam genus varanus ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)