Misi Pengiriman Astronot ke Mars, China Diperkirakan Akan Lampaui AS

Selasa, 23 November 2021 - 08:29 WIB
loading...
Misi Pengiriman Astronot ke Mars, China Diperkirakan Akan Lampaui AS
China dinilai lebih siap untuk mencapai Planet Merah hampir 20 tahun lebih cepat dari NASA. Foto/dok
JAKARTA - Perlombaan mengirimkan astronot ke Mars sedang berlangsung antara negara-negara maju. Namun China dinilai lebih siap untuk mencapai Planet Merah hampir 20 tahun lebih cepat dari NASA.

Perkiraan ini karena melihat target badan antariksa AS itu tampaknya semakin tidak mungkin diwujudkan dalam waktu dekat. Ini didasarkan pada laporan 2019 oleh Institute for Defense Analyses.

Laporan itu menyatakan pengiriman misi orbital Mars tidak layak di bawah semua skenario anggaran dan pengembangan teknologi dan jadwal pengujian pada tahun 2033. Laporan yang sama mencatat, tahun 2035 mungkin lebih realistis jika anggaran tahunan NASA dinaikkan.

BACA: Banyak Kesamaan dengan Bumi, NASA Yakin Ada Kehidupan di Mars



Dr Crumpler, yang telah bekerja dengan NASA pada misi eksplorasi planet mengungkapkan, pengembangan kemungkinan akan berdampak pada misi ke luar angkasa.

"Menurut perhitungan dokumen Institute for Defense Analysis, paling cepat NASA baru bisa mengirim astronot ke Mars pada tahun 2037. Namun secara realistis karena kendala anggaran yang ada, misi itu baru bisa dijalankan pada tahun 2039," katanya seperti dikutip Express.co.uk, Selasa (23/11/2021).

Rencana NASA semakin diperumit karena pandemi dan kurangnya komitmen politik dan keuangan untuk misi tersebut. Ditambah lagi, NASA dipaksa untuk mengirim kembali manusia ke Bulan di bawah misi Artemis.

Dr Crumler menulis: "Dengan setiap tahun yang terlewati, target itu dimajukan satu tahun lagi. Jadi 2050 terdengar lebih memungkinkan.

Sementara itu, ambisis China untuk mengirim manusia ke Mars dilakukan sangat serius dengan target misi dilakukan pada tahun 2033. Wang Xiaojun, kepala Akademi Teknologi Kendaraan Peluncur China menguraikan rencana ambisius negara itu.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA