Bergemuruh, Ahli Prediksi Kekuatan Letusan Gunung Berapi Yellowstone Melebihi 1.000 Bom Atom

Selasa, 23 November 2021 - 19:49 WIB
loading...
Bergemuruh, Ahli Prediksi Kekuatan Letusan Gunung Berapi Yellowstone Melebihi 1.000 Bom Atom
Letusan Gunung Berapi Yellowstone Melebihi 1.000 Bom Atom. FOTO/ IST
WASHINGTON - Sekelompok ahli mengeluarkan peringatan tentang gunung berapi aktif di Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat (AS) usai mengeluarkan suara gemuruh. Ahli khawatir letusan itu jadi bencana besar bagi manusia.

Seperti dilansir dari Daily Star Selasa (23/11/2021), menurut laporan yang ditayangkan dalam film dokumenter di televisi Channel 5, gunung berapi tersebut memiliki potensi kekuatan setara dengan 1.000 bom atom yang pernah diledakkan di Hiroshima.

BACA JUGA - Fakta Temuan Gunung Berapi Bawah Laut Terbaru seperti di Al Quran

Hal ini juga diprediksi akan menghasilkan 'zona kehancuran' 10 juta kali lebih buruk daripada serangan 9/11/2021.



Para ahli khawatir jika gunung berapi meletus, letusan besar akan menyebabkan kerusakan alam dalam sejarah peradaban modern.

Jika meletus, abu yang dilepaskan akan menutupi sebagian besar AS termasuk kota-kota seperti Seattle dan New York. Letusannya sendiri bahkan bisa mencapai level tujuh negara bagian di AS.

Badai abu vulkanik yang bersuhu hingga 400 derajat Celcius itu diprediksi akan menyebar dengan kecepatan ratusan kilometer per jam, membunuh apa saja yang dilaluinya.

Abu vulkanik bahkan bisa mencapai Benua Eropa dalam 72 jam dan menyebabkan hujan beracun yang mencemari air dan membunuh tanaman di seluruh dunia.

Sebagai akibat dari semua ancaman ini, para ilmuwan sekarang menggunakan satelit dan beberapa teknologi lain untuk mengukur tingkat pergerakan tanah dan memantau aktivitas gunung berapi .
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA