Rabu, 24 November 2021 - 21:07 WIB
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9
Roket SpaceX Falcon 9 yang membawa misi Double Asteroid Redirection Test (DART) di Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg, California. Foto/space.com/NASA
VANDENBERG - NASA sukses meluncurkan misi Double Asteroid Redirection Test (DART) menggunakan roket SpaceX Falcon 9 dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg, California, Rabu (24/11/2021) pukul 10:21 malam waktu setempat.

Roket setinggi 229 kaki (70 meter) lepas landas dari Space Launch Complex 4-East di membawa pesawat ruang angkasa DART seberat 1.358 pon (616 kilogram). (Baca juga; NASA Sukses Luncurkan DART, Jarak Tempuh 7 Juta Mil Misi Menabrak Asteroid Dimorphos )

Dikutip dari laman spaceflightnow, begini urutan peluncuran DART dari California hingga luar angkasa, sebelum DART dilepas menempuh perjalanan 7 Juta Mil menuju asteroid Dimorphos;

1. T 0:00:00: Pengangkatan
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9

Setelah sembilan mesin Merlin roket melewati pemeriksaan secara otomatis, klem penahan melepaskan booster Falcon 9 untuk lepas landas dari peluncuran SLC-4E di Vandenberg Space Force Base.

2. T +0:01:00: Mach 1
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9

Roket Falcon 9 mencapai kecepatan Mach 1, (kecepatan suara), karena sembilan mesin Merlin 1D memberikan daya dorong lebih dari 1,7 juta pon. (Baca juga; NASA Siapkan Peluncuran DART, Pesawat Ruang Angkasa Pemukul Asteroid yang Mengancam Bumi )

3. T +0:01:12: Maks Q
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9

Roket Falcon 9 mencapai Max Q, titik tekanan aerodinamis maksimum. (Baca juga; Roket Terbesar di Dunia Milik SpaceX Siap Terbang Januari 2022 )

4. T +0:02:33: Main Engine Cut Off (MECO)
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9

Sembilan mesin Merlin 1D Falcon 9 dimatikan. (Baca juga; Roket Falcon 9 Luncurkan 53 Satelit Broadband Starlink, Dilengkapi Sistem Komunikasi Berbasis Laser )

5. T +0:02:36: Pemisahan Tahap 1
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9

Tahap pertama Falcon 9 terpisah dari susunan kedua beberapa saat setelah MECO (Main Engine Cut Off).

6. T +0:02:44: Pengapian Pertama Tahap Kedua
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9

Mesin vakum Merlin 1D tahap kedua, menyala selama sekitar 6 menit untuk menempatkan roket dan SES 9 (satelit komunikasi geostasioner) ke orbit parkir awal.

Mesin Merlin-Vacuum tahap kedua menyala selama lima setengah menit untuk menempatkan roket dan pesawat ruang angkasa DART ke orbit parkir awal.