Rabu, 24 November 2021 - 21:07 WIB
7.T +0:03:11: Fairing Jettison (Pelepasan Muatan)
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9

Payload fairing berdiameter 5,2 meter (17,1 kaki) akan dibuang, begitu roket Falcon 9 naik melalui atmosfer bawah yang padat. Fairing setinggi 43 kaki ini terdiri dari dua bagian seperti cangkang kerang dari serat karbon dengan inti seperti sarang lebah aluminium.

8. T +0:06:40: Pembakaran Awal Tahap 1 Dimulai
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9

Bagian mesin Merlin 1D tahap pertama memulai pembakaran masuk untuk memperlambat pendaratan. Dampak pembakar saat pendaratan terakhir terjadi tepat sebelum pendaratan. (Baca juga; Membersihkan Sampah Luar Angkasa Tanpa Menghentikan Eksplorasi Antariksa )

9. T +0:08:06: SECO 1 (Stage Engine Cutoff/Pemutusan Bagian Mesin)
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9

Bagian kedua roket Falcon 9 ditutup setelah mencapai orbit ketinggian rendah awal. Bagian atas dan SES 9 memulai fase pelepasan yang dijadwalkan berlangsung lebih dari 18 menit sebelum mesin vakum Merlin tahap kedua menyala kembali.

Bagian kedua roket Falcon 9 ditutup setelah mencapai orbit ketinggian rendah awal di sekitar Bumi. Bagian atas dan DART memulai fase pelepasan yang dijadwalkan berlangsung lebih dari 20 menit sebelum mesin Merlin Vacuum tahap kedua menyala kembali.

10. T +0:08:52: Pendaratan Tahap 1
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9

Mesin pendorong bagian pertama roket Falcon 9 mendarat di kapal drone SpaceX "Of Course I Still Love You" di Samudra Pasifik. (Baca juga; Mengenal Sampah Luar Angkasa dan Ancaman Bahaya yang Ditimbulkan )

11. T +0:28:37: Pengapian Ulang pada Tahap Kedua
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9

Mesin Merlin tahap kedua Falcon 9 dihidupkan ulang untuk mendorong satelit komunikasi SES 9 ke orbit transfer supersinkron.

Mesin Merlin bagian kedua Falcon 9 dihidupkan ulang untuk mendorong pesawat ruang angkasa DART pada lintasan pelarian Bumi.

12. T +0:29:30: SECO 2
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9

Mesin Merlin mati setelah terbakar singkat untuk menempatkan satelit SES 10 (satelit komunikasi geostasioner) di orbit yang tepat untuk penyebaran.

Mesin Merlin mati setelah terbakar selama 53 detik untuk menempatkan pesawat ruang angkasa DART pada lintasan yang tepat untuk menghindari gravitasi Bumi.

13. T +0:55:40: Pemisahan DART
13 Urutan Proses Peluncuran DART dengan Roket SpaceX Falcon 9

Pesawat ruang angkasa DART NASA seberat 1.358 pon (616 kilogram) terpisah dari tahap kedua roket Falcon 9. Dart siap meluncur menuju asteroid Dimorphos sejauh 7 Juta mil.