Astronom Ingatkan Badai Matahari Sepanjang 5.000 Mil akan Menghantam Bumi

Kamis, 25 November 2021 - 21:01 WIB
Astronom Ingatkan Badai Matahari Sepanjang 5.000 Mil akan Menghantam Bumi
Para astronom memperingatkan badai matahari sepanjang 5.000 mil akan menghantam bumi dan akan mengganggu medan magnet. Foto/NASA
JAKARTA - Para astronom memperingatkan badai matahari sepanjang 5.000 mil akan menghantam bumi dan akan mengganggu medan magnet planet ini. Badai matahari berkecepatan 3.000 kilometer perdetik itu diperkirakan akan menghantam bumi pada 28 November 2021 mendatang.

Para astronom melihat sebuah corona mass ejection (CME) atau badai keluar dari matahari kemarin, Rabu 24 November 2021 dan dapat menghantam bumi. CME adalah awan besar partikel bermuatan dan medan magnet yang mengalir dari korona Matahari - lapisan terluar atmosfer bintang.

Menurut Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa AS (SWPC), CME dapat mencapai bumi dengan kecepatan antara 250 km per detik dan 3.000 km per detik.

BACA: NOAA Sebut Badai Matahari Akan Hantam Bumi Malam Ini

Dilansir Express, Kamis (25/11/2021), para astronom menulis di situs web tentang badai matahari tersebut: "Bayangkan sebuah jilatan api sepanjang 50.000 mil dengan plasma merah-panas yang menjulang tinggi."

Hal inilah yang terlihat oleh astronom di matahari. Badai matahari itu terbentuk ketika filamen magnet terangkat dari belahan bumi selatan.

Filamen yang meletus membelah atmosfer Matahari, membuat semacam dinding api saat naik. "Dinding bercahaya tetap utuh selama lebih dari enam jam setelah ledakan," kata astronom.

Badai yang terjadi dari ledakan itu berhasil difoto oleh pesawat ruang angkasa STEREO-A NASA dan Solar and Heliospheric Observatory (SOHO).