Pria Ini Pakai Bola Mata Cetakan 3D Pertama di Dunia

Senin, 29 November 2021 - 07:02 WIB
loading...
Pria Ini Pakai Bola Mata Cetakan 3D Pertama di Dunia
Steve Verze, berusia 40-an, menerima pupil setelah kehilangan mata kirinya saat berusia 20-an, dan sejak itu, ia menggunakan mata palsu. FOTO/ Daily Mail
A A A
LONDON - Seorang pria Inggris membuat sejarah medis Kamis lalu ketika ia menjadi pasien yang menerima cetakan mata tiga dimensi (3D) pertama di dunia.

Seperti dilansir dari New York Post, Steve Verze, berusia 40-an, menerima pupil setelah kehilangan mata kirinya saat berusia 20-an, dan sejak itu, ia menggunakan mata palsu.

BACA JUGA - Gunakan Teknologi 3D Terbaik, Visinema dan Afterlab Sajikan Animasi Berkelas

"Mata baru ini terlihat luar biasa dan akan menjadi lebih baik di masa depan," kata Verze.

Menurut Verze, dia tidak menyukai mata palsu yang dia gunakan selama ini, jadi dia mendapatkan pupil mata yang dicetak 3D di Rumah Sakit Mata Moorfield.

Rumah sakit menawarkan prosedur tersebut kepada pasien sebagai uji klinis, yang bertujuan untuk mempercepat proses penggantian pupil.

Saat ini, pasien harus membutuhkan waktu enam minggu untuk mendapatkan mata baru sebelum menjalani operasi, beberapa janji temu dan waktu tunggu antara empat hingga lima bulan setelah operasi untuk mendapatkan mata palsu.

Sebaliknya, dokter di Rumah Sakit Mata Moorfields mencatat bahwa opsi pencetakan 3D hanya membutuhkan waktu tiga minggu.

Meskipun murid sintetis itu tidak bisa mengembalikan penglihatan Verze, dia berharap itu bisa mengembalikan kepercayaan dirinya.

“Kami berharap uji klinis berikutnya akan memberikan bukti kuat tentang nilai teknologi baru ini dan menunjukkan perubahannya kepada pasien,” kata konsultan mata di Profesor Mandeep Sagoo di Moorfields.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1549 seconds (11.97#12.26)