Asteroid Sebesar Lapangan Bola Meluncur ke Bumi, NASA: Berpotensi Bahaya

Rabu, 01 Desember 2021 - 09:29 WIB
loading...
Asteroid Sebesar Lapangan Bola Meluncur ke Bumi, NASA: Berpotensi Bahaya
NASA memperingatkan asteroid raksasa sebesar lapangan sepak bola akan memasuki orbit bumi pada 11 Desember 2021. Foto/dok
CALIFORNIA - NASA memperingatkan asteroid raksasa sebesar lapangan sepak bola akan memasuki orbit bumi pada 11 Desember 2021. NASA memasukan asteroid ini dalam kategori berbahaya mengingat jaraknya yang hanya 7,4 kilometer dari bumi.

Dikutip dari News Australia, Rabu (1/12/2021), NASA mengatakan kalau Asteroid 4660 Nereus panjangnya lebih dari 330 meter dan akan berada dalam jarak 7,4 juta kilometer dari Bumi. "Itu menempatkannya dalam kategori berpotensi berbahaya," kata NASA.

BACA: Bumi Nyaris Dihantam Asteroid, Lintasannya hanya Berjarak 3.000 Kilometer

Jika asteroid itu tidak melenceng dari jalurnya, Nereus akan melesat melewati bumi dengan kecepatan 23.657 kilometer per jam. NASA memperkirakan batu ruang angkasa itu akan berada sejauh 3,9 juta kilometer dari bumi.



"Itu sekitar 10 kali jarak antara Bumi dan Bulan. Memang asteroid itu tampak cukup jauh tetapi sebenarnya dekat dengan asteroid dekat Bumi," kata NASA. Karena NASA menganggap apa pun yang lewat dalam jarak 19,3 juta kilometer dari Bumi sebagai Objek Dekat Bumi (NEO).

NASA telah memperingatkan bahwa asteroid raksasa yang lebih besar dari Menara Eiffel akan masuk ke orbit Bumi hanya dalam waktu seminggu atau sekitar 11 Desember 2021.

BACA JUGA: Khawatir Pelanggan Beralih ke Tesla, Volvo Tambah Produksi C40

Ribuan NEO dilacak oleh para ilmuwan untuk memantau apakah mereka berada di jalur tabrakan dengan planet bumi. NASA memiliki seluruh tabel asteroid yang bisa mengancam bumi.

Setiap objek luar angkasa yang bergerak cepat yang berada dalam jarak 7,5 juta kilometer dianggap "berpotensi berbahaya" oleh organisasi antariksa sehingga terus dipantau pergerakannya.
(ysw)
KOMENTAR ANDA