Asteroid Berbahaya akan Memasuki Orbit Bumi Pekan Depan

Sabtu, 04 Desember 2021 - 03:01 WIB
Asteroid Berbahaya akan Memasuki Orbit Bumi Pekan Depan
Asteroid mendekati orbit bumi. Foto/REUTERS
MOSKOW - Satu asteroid besar, yang terdaftar oleh NASA sebagai "berpotensi berbahaya" akan terbang mendekati Bumi pekan depan. Peringatan itu diungkapkan Akademi Sains Rusia.

Asteroid 4660 Nereus diperkirakan memasuki orbit Bumi pada 11 Desember, lebih dekat ke planet kita daripada sebelumnya.

“Tetapi tidak ada alasan untuk panik,” ungkap Boris Shustov, yang mengepalai Institut Astronomi di AkademiSains Rusia.

“Asteroid itu akan melewati sekitar 4,6 juta mil jauhnya dari Bumi, yaitu sekitar 10 kali jarak antara Bulan dan Bumi, jadi tidak ada risiko untuk dibicarakan,” papar Shustov kepada RIA Novosti.

Apa yang membuatnya istimewa bukanlah ukurannya yang lebih besar dari biasanya (sama dengan tiga lapangan sepak bola), tetapi orbitnya yang unik selama 1,82 tahun mengelilingi Matahari. Nereus mendekati Bumi pada jarak yang aman kira-kira setiap 10 tahun karena ini.

Menurut para ilmuwan, asteroid yang lewat secara teratur menjadikannya kandidat yang sempurna untuk misi robotik masa depan, dan bahkan operasi penambangan karena diyakini kaya kandungan nikel, besi, dan kobalt.

Meskipun saat ini tidak menimbulkan ancaman, Nereus dipantau secara ketat oleh badan antariksa untuk memastikannya tidak menyimpang dari jalurnya.

Sebagai bagian dari pekerjaan untuk melindungi planet ini dari pertemuan bencana dengan objek luar angkasa yang besar, NASA pekan lalu meluncurkan misi yang disebut Double Asteroid Redirection Test (DART).

Misi tersebut akan mencoba menabrakkan dua asteroid ke satu sama lain untuk mengubah arah mereka, dengan dampak yang sebenarnya dijadwalkan pada September mendatang.
(sya)