Negara Indonesia dan India Kaitkan Gerhana Matahari dengan Takhayul

Sabtu, 04 Desember 2021 - 10:20 WIB
loading...
Negara Indonesia dan India Kaitkan Gerhana Matahari dengan Takhayul
Gerhana Matahari Total terjadi hari ini Sabru (4/12/2021). FOTO/ IST
A A A
LONDON - Gerhana Matahari Total yang akan terjadi Hari ini Sabtu (14/12/2021). Gerhana Matahari total kali ini akan menjadi yang paling indah. Namun ada beberapa negara yang kaitkan Gerhana Matahari Total dengan mitos dan takhayul seperti di Indonesia.

Seperti dilansir dari Daily, Gerhana Matahari Total membuat banyak orang penasaran bahkan menyebab kan rasa takut. Sepanjang sejarah Gerhana Matahari Total selalu dikaitkan dengan mitos, legenda, dan takhayul.

BACA JUGA - Jelang Gerhana Matahari Total Sabtu Ini, BMKG Minta Waspadai Gelombang Tinggi

Dalam banyak budaya, legenda seputar gerhana matahari melibatkan tokoh mitos yang memakan atau mencuri matahari. Yang lain menafsirkan peristiwa itu sebagai tanda dewa sedang marah atau terjadi terjadi pertengkaran.

Bahkan, Gerhana Matahari Total kali ini dianggap pertanda buruk dalam banyak budaya. Dikutip dari Time and Date, Berikut ini mitos-mitos dari seluruh belahan dunia seputar Gerhana Matahari:

1. Monster yang lapar dan anjing pencuri.

Di Vietnam, orang percaya bahwa gerhana matahari disebabkan oleh katak raksasa yang melahap Matahari, sementara budaya Norse menyalahkan serigala karena memakan Matahari.

Sedangkan kebudayaan di Tiongkok kuno, mengatakan bahwa ada seekor naga langit yang melahap Matahari sebagai menu santap siangnya.

Menurut mitologi Hindu kuno, dewa Rahu dipenggal oleh para dewa karena menangkap dan meminum Amrita, nektar para dewa. Kepala Rahu terbang ke langit dan menelan Matahari yang menyebabkan gerhana.

Lain cerita dari rakyat Korea, mitos kuno di negara ini mengungkap bahwa gerhana matahari terjadi karena anjing-anjing mistis berusaha mencuri matahari.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1412 seconds (11.252#12.26)