Diguncang Gempa, Gunung Fuji Dikabarkan Akan Meletus

Sabtu, 04 Desember 2021 - 21:37 WIB
loading...
Diguncang Gempa,  Gunung Fuji Dikabarkan Akan Meletus
Gunung Fuji di Jepang dikabarkan akan meletus setelah diguncang gempa tadi pagi. FOTO/ WBS/ SINDOnews
A A A
TOKYO - Gempa bumi yang melanda dekat pesisir selatan Pulau Honshu Jepang langsung dikaitkan dengan akan meletus Gunung Fuji. Menanggapi hal itu pihak berwenang Jepang hari ini menepis spekulasi bahwa Gunung Fuji akan meletus setelah gempa berkekuatan 4,8 Skala Richter.

Gempa yang terjadi pada hari ini, pukul 06.37 waktu setempat itu mengguncang kawasan sekitar gunung, sekitar 100 kilometer sebelah barat Tokyo.



Namun, tidak ada korban luka atau kerusakan yang dilaporkan setelah gempa tersebut.

Tagar ‘erupsi Gunung Fuji’ menjadi trend di Twitter dengan beberapa pengguna media sosial menyatakan bahwa Tokyo akan dilanda ‘bencana’ jika Gunung Fuji meletus dan situasinya diperparah oleh pandemi Covid-19.

Terakhir kali gunung meletus lebih dari 300 tahun yang lalu, tetapi masih aktif sampai sekarang.

Pihak berwenang sebelumnya mengatakan letusan besar akan mempengaruhi jaringan transportasi Tokyo dan jalan raya akan lumpuh setidaknya selama tiga jam.

Sementara itu, Badan Meteorologi Jepang mengatakan tidak ada data yang menunjukkan bahwa gunung berapi itu akan meletus dalam waktu dekat.

Berdiri pada ketinggian 3.776 meter, Gunung Fuji adalah puncak tertinggi di Jepang, akibat aktivitas gunung berapi yang telah dimulai sekitar 100.000 tahun yang lalu.

Gunung Fuji adalah salah satu dari " Tiga Gunung Suci " bersama dengan Gunung Tate dan Gunung Haku. Gunung ini merupakan salah satu Situs Bersejarah Jepang.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3130 seconds (0.1#10.140)