Sama seperti Semeru, Jepang Bersiap Hadapi Letusan Gunung Fuji

Minggu, 05 Desember 2021 - 00:02 WIB
loading...
Sama seperti Semeru, Jepang Bersiap Hadapi Letusan Gunung Fuji
Gunung Fuji di Jepang dikabarkan akan meletus setelah diguncang gempa tadi pagi. FOTO/ WBS/ SINDOnews
TOKYO - Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meletus dan mengeluarkan erupsi. Sama seperti Semeru, Gunung Fuji sejak pagi tengah diamati usai digucang gempa 4,8 Skala Richter.

Seperti dijelaskan chanel Daisuke Botak Sabtu (4/12/2021), gempa bumi yang terjadi hampir setiap hari belakangan ini di Matahari Terbit. Baru-baru ini para ahli di sana memperkirakan, Jepang bersiap-siap menghadapi gempa bumi terbesar dalam sejarah. Mereka menyebutnya "Gempa Megathrust Nankai"

BACA JUGA - Fakta Gunung Semeru, Setahun Bisa Meletus Berkali-kali

Dampak dari Megathrust Nankai tersebut diperkirakan akan memicu meletusnya gunung Fuji yang sudah 300 tahun tidak erupsi. Gunung ini sangat dikeramatkan oleh masyarakat Jepang. Jika gunung ini meletus maka bencana besar buat Jepang.



Terakhir kali gunung meletus lebih dari 300 tahun yang lalu, tetapi masih aktif sampai sekarang.

Pihak berwenang sebelumnya mengatakan letusan besar akan mempengaruhi jaringan transportasi Tokyo dan jalan raya akan lumpuh setidaknya selama tiga jam.

Diramalkan letusan akan terjadi sangat dahsyat karena lavanya dalam keadaan penuh setelah 300 tahun "tertidur".
Abu vulkanik akan mencapai Tokyo dan kota-kota lain di sekitarnya, akan merusak jaringan kereta, internet, komputer, listrik, gas, aliran air bersih, dan sebagainya.

Secara kumulatif, gempa tersebut akan meruntuhkan perekonomian Jepang. Masyarakat Jepang sangat takut jika hal ini benar-benar terjadi, karena tidak ada siapa pun yang dapat menghentikannya.
(wbs)
KOMENTAR ANDA