10 Gunung Berapi Paling Aktif di Dunia, Nomor 4 dan 8 Ada di Indonesia

Minggu, 05 Desember 2021 - 11:01 WIB
loading...
10 Gunung Berapi Paling Aktif di Dunia, Nomor 4 dan 8 Ada di Indonesia
Gunung berapi paling aktif di dunia mengandung sejumlah besar energi dan daya rusak cukup tinggi. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Gunung berapi paling aktif di dunia mengandung sejumlah besar energi dan daya rusak cukup tinggi. Para ilmuwan mendefinisikan gunung berapi aktif sebagai salah satu yang telah meletus dalam 10.000 tahun terakhir.

Berdasarkan definisi tersebut, bumi memiliki sekitar 1.500 gunung berapi aktif yang tersebar di seluruh dunia. Sekitar 75 persen di antaranya terletak di sepanjang cincin api pasifik – sebuah wilayah yang membentang di batas daratan di lautan Pasifik.

Dikutip dari situs Interesting Engineering, Minggu (5/12/2021), gunung berapi terbentuk melalui melalui proses dasar magma yang naik melalui mantel dan kerak bumi. Saat magma menembus ke permukaan, magma akhirnya pecah dan mulai mengeras. Pengerasan magma ini berulang-ulang menyebabkan terbentuknya gunung api yang lebih tinggi atau lebih luas.

Sumber magma ini berasal dari dalam perut bumi atau inti bumi sehingga batuan meleleh dan menjadi zat mengalir yang kental, yang kita kenal sebagai magma. Saat batuan mencair menjadi magma, kerapatannya justru berubah menjadi lebih ringan dari batuan padat di sekitarnya.



Magma bawah tanah ini dapat menerobos permukaan sehingga terjadi letusan. Beberapa letusan bersifat eksplosif sementara yang lain keluar perlahan. Ini karena tutupan terbentuk dari waktu ke waktu, di mana lava menutup tabung magma tertentu, hanya untuk tekanan yang meningkat dan akhirnya menyebabkan ledakan.

Berikut 10 Gunung berapi paling aktif di dunia :

1. Gunung Mauna Loa di Hawaii

Mauna Loa adalah gunung berapi terbesar di Bumi, gelar yang dipegangnya untuk waktu yang lama, sempat hilang pada tahun 2013, tetapi sekarang telah kembali lagi.

Pada tahun 2013, para ilmuwan mengumumkan bahwa mereka percaya gunung berapi bawah laut Tamu Massif adalah yang terbesar di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)