Difoto dari Jarak 1 Juta Mil, Begini Penampakan Antartika saat Gerhana Matahari

Kamis, 09 Desember 2021 - 09:11 WIB
loading...
Difoto dari Jarak 1 Juta Mil, Begini Penampakan Antartika saat Gerhana Matahari
Gerhana matahari total di atas Antartika pada 4 Desember 2021 terekam satelit Deep Space Climate Observatory (DISCOVR) NOAA. Foto/livescience/NOAA
GERHANA matahari total yang terjadi pada 4 Desember 2021 hanya bisa disaksikan secara utuh dari Antartika . Lokasi Antartika yang sulit di akses karena berada di kutub selatan yang dingin tidak tergambar jelas saat gerhana matahari total.

Namun, fenomena gerhana matahari total di atas Antartika pada 4 Desember 2021 terekam satelit Deep Space Climate Observatory (DISCOVR) NOAA. Foto langka yang diambil dari jarak hampir 1 juta mil di luar angkasa terlihat bagaimana wilayah Antartika tertutup bayangan hitam.

Foto yang diambil oleh DISCOVR NOAA melacak gerhana matahari saat bayangan bulan melewati bentangan terpencil Antartika dan kutub selatan pada 4 Desember 2021. Kamera Pencitraan Polikromatik Bumi DISCOVR atau EPIC, yang dibuat oleh NASA menangkap pemandangan tersebut.

Diambil dari jarak lebih dari 950.000 mil (1,5 juta km), bayangan bulan muncul sebagai noda gelap di bagian paling bawah Bumi kita. "Instrumen EPIC pada pesawat ruang angkasa DSCOVR menangkap umbra gerhana, bayangan bagian dalam planet Bumi yang gelap," tulis pejabat NASA dikutip SINDOnews dari laman livescience, Kamis (9/12/2021).



DISCOVR juga mendapatkan tampilan cakram penuh Bumi yang bahkan tidak dapat diakses oleh astronot. Konon, kru Ekspedisi 66 di Stasiun Luar Angkasa Internasional memang melihat bayangan bujur dari ketinggian 250 mil (400 km). (Baca juga; Negara Indonesia dan India Kaitkan Gerhana Matahari dengan Takhayul )

Misi biasa DISCOVR juga difokuskan pada matahari, tetapi pada sudut yang sama sekali berbeda. DISCOVR memantau angin matahari, atau aliran konstan partikel yang mengalir dari matahari kita melintasi tata surya.

Partikel bermuatan yang dibawa oleh angin matahari dapat memengaruhi segalanya. Mulai dari aktivitas aurora hingga dampak pada satelit, saluran listrik, dan kesehatan astronot. (Baca juga; Gerhana Matahari Total di Akhir Tahun 2021, di Mana Saja Bisa Terlihat? )
(wib)
preload video
KOMENTAR ANDA