Bagaimana Cara Menentukan Usia Fosil? Begini Metodenya

Sabtu, 11 Desember 2021 - 12:06 WIB
Seringkali lebih mudah untuk menentukan umur batuan vulkanik daripada fosil itu sendiri atau batuan sedimen tempat mereka ditemukan. Jadi, seringkali lapisan batuan vulkanik di atas dan di bawah lapisan yang mengandung fosil dapat diberi tanggal untuk memberikan rentang tanggal untuk fosil yang mengandung batuan.

Atom-atom dalam beberapa unsur kimia memiliki bentuk yang berbeda, yang disebut isotop. Isotop-isotop ini terurai pada laju yang konstan dari waktu ke waktu melalui peluruhan radioaktif. Dengan mengukur rasio jumlah isotop asli (induk) dengan jumlah isotop (anak) yang terurai menjadi suatu usia dapat ditentukan.

Tingkat peluruhan radioaktif ini menentukan waktu paruh. Jika sebuah isotop radioaktif dikatakan memiliki waktu paruh 5.000 tahun, itu berarti setelah 5.000 tahun tepat setengahnya akan meluruh dari isotop induk menjadi isotop anak. Kemudian setelah 5.000 tahun lagi, setengah dari isotop induk yang tersisa akan meluruh.

Sementara orang paling akrab dengan penanggalan karbon, penanggalan karbon jarang berlaku untuk fosil. Karbon-14, isotop radioaktif karbon yang digunakan dalam penanggalan karbon memiliki waktu paruh 5730 tahun, jadi wakru meluruhnya terlalu cepat.

Ini hanya dapat digunakan untuk menentukan usia fosil yang lebih muda dari sekitar 75.000 tahun. Kalium-40 di sisi lain memiliki setengah seperti 1,25 miliar tahun yang umum dalam batuan dan mineral. Ini membuatnya ideal untuk membandingkan batuan dan fosil yang jauh lebih tua.