Bulan Bercincin Muncul di Depok, Lapan: Bukan Tanda Bencana

Jum'at, 17 Desember 2021 - 22:05 WIB
loading...
Bulan Bercincin Muncul di Depok, Lapan: Bukan Tanda Bencana
Pemandangan lingkaran cincin Halo disebabkan adanya kristal es di awan Cirrus yang membiaskan cahaya matahari seperti prisma. Foto: dok T. Djamaluddin Lapan
A A A
DEPOK - Fenomena Bulan Bercincin atau yang biasa disebut Halo dilaporkan menghiasi langit malam kemarin, sekitar pukul 22.00 WIB di wilayah Depok, Jawa Barat.

Menurut Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, fenomena Halo ini memang terkadang bersifat lokal dan kejadian ini kerap kali terjadi di Indonesia.



”Mengapa tidak selalu terjadi? Kondisi relatif cerah yang menyisakan awan Cirrus tidak selalu terjadi,” ujar Thomas.

Lebih lanjut, Thomas menjelaskan, pemandangan lingkaran cincin Halo pada bulan sama dengan Halo pada Matahari.

Halo disebabkan adanya kristal es di awan Cirrus yang membiaskan cahaya matahari seperti prisma. Cahaya yang terurai tampak membentuk cahaya pelangi yang melingkari matahari.

Bulan Bercincin Muncul di Depok, Lapan: Bukan Tanda Bencana

Warna hitam di antara matahari dan cincin hanya akibat efek kontras saja. Cincin tersebut berdiameter sekitar 22 derajat. Bila terjadinya malam saat ada bulan purnama, Halo juga bisa terjadi melingkari bulan.

Dalam kondisi yang sangat dingin di awan cirrus tersebut dapat terbentuk kristal-kristal es. Wilayah yang kebetulan mataharinya terhalang oleh awan cirrus tersebut akan melihat fenomena Halo.

Thomas menuturkan bahwa fenomena Halo ini tidak ada kaitan dengan pertanda gempa atau bencana lainnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2800 seconds (0.1#10.140)