WHO Tegaskan Vaksin Booster Senjata Ampuh Melawan Omicron

Minggu, 19 Desember 2021 - 06:07 WIB
loading...
WHO Tegaskan Vaksin Booster Senjata Ampuh Melawan Omicron
Vaksin booster dibutuhkan untuk melawan Omicron. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Merebaknya mutasi baru Covid-19 Omicron membuat cemas semua kalangan, namun guna menghadapi varian ini selain tetap menjaga protokol kesehatan,Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) booster atau vaksin tahap ketiga cara ampuh melawan Omicron.

Rekomendasi ini dirilis Strategic Advisory Group of Experts (SAGE) untuk imunisasi usai mengadakan pertemuan pada Selasa pekan lalu untuk mengevaluasi kebutuhan akan booster vaksin Covid-19.



Ketua SAGE Alejandro Cravioto mengatakan vaksin memberikan tingkat perlindungan yang kuat terhadap penyakit parah atau guna menghadapi mutasi Covid-19 seperti Omicron.

"Untuk saat ini kami terus mendukung perlunya pemerataan distribusi (vaksin) dan penggunaan dosis ketiga hanya pada mereka yang bermasalah kesehatan atau orang yang telah menerima vaksin inactivated guna menghadapi Omicron" ujar Alejandro Cravioto, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (18/12/2021).

Senada dengan WHO, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengatakan bahwa Omicron menimbulkan kepanikan di Inggris. Pemerintah Inggris saat ini tengah mencari informasi lebih mendalam terkait varian ini.

"Ini bukan hanya masalah di negara kami saja, tetapi ini sudah menjadi masalah global yang perlu ditangani bersama," ujar Jenkins dalam kunjungannya ke INews Tower Jakarta, Jumat(17/12/2021).

Dia menyebutkan bahwa pemerintah Inggris saat ini menyiapkan dua langkah untuk mengantisipasi merebaknya varian Omicron. Yang pertama adalah mengakselerasi program vaksin booster.

"Ini tujuannya untuk menguatkan imunitas tubuh yang sudah melalui dua dosis vaksin. Pemerintah Inggris juga menawarkan sekaligus menargetkan semua penduduk di atas usia 18 tahun untuk jatah vaksin booster hingga akhir bulan ini," ungkap Jenkins.

Langkah kedua adalah memperketat protokol kesehatan di wilayahnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)