Ratusan Paus Kanan Bermigrasi, Situasi Atlantik Utara Genting?

Minggu, 19 Desember 2021 - 21:02 WIB
loading...
Ratusan Paus Kanan Bermigrasi, Situasi Atlantik Utara Genting?
Ratusan paus kanan bermigrasi, Akibat suhu Atlantik Utara memanas efek perubahan iklim. FOTO/ IST
A A A
ALASKA - Melelehnya beberapa Gletser berukuran besar di Antartika akibat perubahan iklim benar-benar mengancam semua mahkluk hidup. Jika keadaan terus berlanjut, maka akan menimbulkan kepunahan bagi beberapa spesies hewan pada 10 tahun mendatang.

Salah satunya adalah paus kanan Atlantik Utara, yang kini terancam punah akibat perubahan iklim dan pemanasan global.



Seperti dilansir dari Global and Escape Forum Minggu (19/12/20210, Paus Kanan Atlantik Utara yang tersisa saat ini hanya sekitar 360 saja, dan sebulan belakangan ini terlihat bermigrasi.

Hal itu disebabkan oleh perairan pada Arus Teluk yang menghangat, hingga merusak rantai makanan dan memaksa paus Atlantik Utara untuk bermigrasi ke wilayah yang lebih berbahaya.

Erin Meyer-Gutbrod, selaku asisten profesor di University of South Carolina mengatakan bahwa perubahan iklim bisa menyebabkan pergeseran distribusi spesies di seluruh dunia.

“Perubahan iklim antropogenik menyebabkan pergeseran distribusi spesies di seluruh dunia,” ujar Erin.

Diharapkan, dengan kisah terancamnya spesies paus ini dapat menjadi pelajaran untuk menerapkan skema manajemen yang lebih fleksibel.

“Kisah paus yang tepat dapat menjadi pelajaran untuk mulai mengharapkan yang tak terduga dan menerapkan skema manajemen yang lebih fleksibel,” lanjutnya.

Bersama timnya, Erin menemukan bahwa perubahan temperatur di Arus Teluk akibat pemanasan global mendorong perairan yang lebih hangat di wilayah utara, barat ke Teluk Maine dan lepas pantai selatan ke Nova Scotia, yang menjadi tempat atau sumber makan paus Atlantik utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2546 seconds (0.1#10.140)