Gantikan Tugas Hubble, Teleskop James Webb NASA Meluncur 24 Desember

Senin, 20 Desember 2021 - 19:02 WIB
Gantikan Tugas Hubble, Teleskop James Webb NASA Meluncur 24 Desember
Observatorium terbaru milik NASA telah menetapkan tanggal peluncuran Teleskop James Webb secara resmi. Foto/ESA
CALIFORNIA - Observatorium terbaru milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah menetapkan tanggal peluncuran Teleskop James Webb secara resmi.

Teleskop luar angkasa James Webb dijadwalkan akan meluncur pada pada 24 Desember 2021 pukul 09:20 waktu setempat di Guyana Prancis.

Teleskop flagship tersebut kini telah dikemas di dalam kerucut hidung roket Ariane 5-nya untuk perjalanan menuju ke angkasa.

Tinjauan kesiapan peluncuran terakhir akan dilakukan Selasa 21 Desember 2021, untuk memastikan teleskop luar angkasa Webb siap diluncurkan.

Melansir laman Space, Senin (20/12/2021), jika berjalan sesuai rencana, roket Ariane 5 akan diluncurkan ke landasan peluncuran di Pusat Antariksa Guiana di Kourou, Guyana Prancis.

NASA menyebut Webb sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble yang lebih dulu meluncur. Ilmu pengetahuan yang telah didapatkan Hubble termasuk menunjukkan alam semesta mempercepat dalam perluasannya dan menemukan bulan-bulan baru di sekitar Pluto.

Dengan begitu, proyek yang ditaksir menelan biaya sebesar USD9,8 miliar itu siap untuk mengambil alih tongkat estafet setelah bertahun-tahun penundaan peluncurannya.

Para ilmuwan berharap teleskop akan membuka lebih luas lagi pengetahuan tentang alam semesta ini.

Teleskop akan melakukan perjalanan ke tempat terpencil sekitar 1 juta mil (1,6 juta kilometer) dari Bumi yang dikenal sebagai titik Lagrange, tempat yang stabil secara gravitasi di antara dua benda langit.