Negara Ini Paling Kekurangan Air di Dunia

Selasa, 21 Desember 2021 - 11:55 WIB
loading...
A A A
Disebutkan, sektor pertanian merupakan lini yang paling parah terdampak dan cukup menderita akibat kelangkaan air ini. Sebab, alokasi air untuk bidang pertanian sangat dibatasi. Hal ini tentunya berdampak pada produksi pertanian yang tidak maksimal.

3. Libanon

Memiliki skor yang sama dengan Israel, Lebanon juga masuk dalam negara yang berisiko kekurangan air . Kelangkaan air di negara itu disebabkan oleh krisis ekonomi dan gejolak politik.

Kurangnya sumber dana menyebabkan proses pemompaan air bagi masyarakat terbatas. Masyarakat pun memiliki kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Wilayah yang paling parah mengalami krisis air bersih adalah Baalbek-Hermel dan Bekaa. Keduanya diisi oleh sekitar 40% pengungsi Suriah.

4. Yordania

Satu lagi negara yang mengalami kelangkaan air parah adalah Yordania. Menurut data yang ada pada Bloomberg, skor Yordania adalah 4,56 dan termasuk memiliki peluang kelangkaan air yang sangat besar.



Unicef menyebut, sumber daya air terbarukan di negara itu kurang dari 100 meter kubik per orang. Padahal, ambang batasnya adalah 500 meter kubik per orang.

Di wilayah perkotaan Yordania, masyarakat bisa mengakses air sekitar seminggu sekali. Sementara itu, bagi mereka yang tinggal di desa lebih sulit lagi.

Dalam 2 minggu, mereka belum tentu bisa sekali pun mendapatkan air. apalagi selama musim panas. Dalam beberapa tahun terakhir, kelangkaan air di Yordania semakin parah. Sebab, tingkat pertumbuhan penduduknya semakin tinggi dan sektor industri serta pertanian semakin masif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2487 seconds (0.1#10.140)