Iran Tunjukkan Mampu Bikin Mesin Diesel Kapal Perang, 2 Destroyer Bisa Dipacu Sampai 30 Knot

Selasa, 21 Desember 2021 - 19:33 WIB
loading...
Iran Tunjukkan Mampu Bikin Mesin Diesel Kapal Perang, 2 Destroyer Bisa Dipacu Sampai 30 Knot
Iran terus menunjukkan kemandirian memproduksi mesin perang untuk negaranya dengan meluncurkan mesin diesel pertama untuk kapal perusaknya (Destroyer). Foto/mehrnews
A A A
TEHERAN - Iran terus menunjukkan kemandirian memproduksi mesin perang untuk negaranya dengan meluncurkan mesin diesel pertama untuk kapal perusaknya (Destroyer). Mesin diesel yang diberi nama Makran ini menghasilkan kekuatan 3.600 tenaga kuda (horse power/HP) dan meningkatkan kecepatan 2 kapal perusak Angkatan Laut Iran militer hingga 30 knot, dari sebelumnya hanya 15 knot.

Mesin diesel Makran ini diproduksi pabrik inovasi industri kelautan terbesar di Bushehr di selatan Iran. Mesin diesel ini sepenuhnya dirancang dan dibangun oleh para ahli muda di dalam negeri untuk dipasang pada kapal perang Iran. (Baca juga; Foto Satelit Ungkap Persiapan Iran Lakukan Peluncuran Roket ke Luar Angkasa )

Peluncuran mesin diesel Makran dilakukan Panglima Angkatan Darat-Angkatan Laut Iran Laksamana Muda Shahram Irani dan Wakil Presiden Sains dan Teknologi Sorena Sattari. Shahram Irani mengatakan, mesin diesel ini memiliki fitur khusus dan mampu menghadapi misi angkatan laut di masa depan.

“Saat ini hanya ada lima negara di dunia yang dapat membuat mesin diesel untuk kapal laut, dan Iran salah satunya,” kata Shahram irani dikutip SINDOnews dari laman mehrnews, Selasa (21/12/2021). (Baca juga; Iran dan Korut Dituduh Bantu Suriah Bangun Reaktor Nuklir )

Mesin diesel itu akan dipasang pada dua kapal perusak peluncur rudal yang diproduksi secara mandiri, yaitu Gorz (Gada) dan Khanjar (Pedang/Golok). Kedua kapal masing-masing kapal berukuran panjang 50 meter, lebar 8 meter, dan berat 300 ton.
Iran Tunjukkan Mampu Bikin Mesin Diesel Kapal Perang, 2 Destroyer Bisa Dipacu Sampai 30 Knot

Kedua kapal perusak itu dilengkapi dengan rudal radar canggih, meriam anti-permukaan dan anti-pesawat, radar mutakhir, rudal laut permukaan-ke-permukaan, dan intersepsi radar lepas pantai dan sistem siluman. Perombakan mesin pada kedua kapal perang itu memakan waktu sekitar 4 sampai 6 tahun.

Angkatan Laut Iran juga menunjukkan kemampuan memproduksi kapal selam al-Sabehat-15 dan swimmer delivery vehicles (SDV). Termasuk meremajakan kapal perusak Alvand Destroyer, dua helikopter SH3D-316, Fokker F27 Friendship, dan BH7 Hovercraft.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4637 seconds (0.1#10.140)