Turbin Angin Terbesar di Lepas Pantai Ini Mampu Pasok Listrik untuk 1,3 Juta Rumah

Rabu, 22 Desember 2021 - 10:44 WIB
loading...
Turbin Angin Terbesar di Lepas Pantai Ini Mampu Pasok Listrik untuk 1,3 Juta Rumah
Turbin angin terbesar di lepas pantai ini dibangun perusahaan energi Denmark Orsted dan diberi nama Hornsea 2. Foto/newatlas
A A A
TURBIN angin terbesar di lepas pantai ini dibangun perusahaan energi Denmark Orsted dan diberi nama Hornsea 2. Turbin angin terbesar ini terletak 89 km di lepas pantai timur Inggris dan mampu menyediakan daya listrik untuk 1,3 juta rumah.

Program Hornsea 2 dimulai pada tahun 2016 dan mulai beroperasi secara komersial tahun lalu sebagai ladang angin lepas pantai terbesar di dunia. Honsea 2 memiliki memiliki 165 turbin angin Siemens Gamesa 8-MW mampu menghasilkan kapasitas listrik 1,32 GW. (Baca juga; ITS Kembangkan Pembangkit Listrik Mikro Hidro di Probolinggo )

Gardu induk lepas pantai dan stasiun kompensasi reaktif dipasang pada Oktober 2021, memungkinkan operator Orsted untuk memproduksi daya listrik. Kemudian daya listrik itu dikirim ke jaringan nasional di Desa Killingholme melalui pantai dengan kabel sepanjang lebih dari 800 km.

“Membangun proyek dengan ukuran dan skala sebesar ini hanya mungkin dilakukan melalui kolaborasi yang kuat, kerja keras, dan dedikasi. Setelah kami memasang turbin kemudian melanjutkan pengujian, commissioning, dan penyaluran energi listrik dari tenaga angin dilakukan pada tahun baru,” kata Patrick Harnett, Direktur Program untuk Hornsea 2 dikutip SINDOnews dari laman newatlas, Rabu (22/12/2021).
Turbin Angin Terbesar di Lepas Pantai Ini Mampu Pasok Listrik untuk 1,3 Juta Rumah

Sebelumnya juga Inggris sudah membangun pembangikit listrik serupa dalam Proyek Hornsea 1. Pembangkit listrik ini memiliki 174 turbin dan kapasitas 1,2 GW untuk menyediakan daya listrik lebih dari satu juta rumah di Inggris. Jadi jika digabung dengan Turbin Angin Raksasa Hornsea 2, mampu memasok listrik untuk 2,3 juta rumah di Inggris.

Saat ini turbin angin di lepas pantai dalam Program Hornsea merupakan yang terbesar di dunia. Sebelumnya ada turbin angin lepas pantai terbesar disandang London Array pada 2013 yang mampu menghasilkan daya listrik 630-MW. (Baca juga; Bill Gates dan Warren Buffet Bangun Pembangkit Listrik Nuklir di Wyoming )

Namun, rekor itu diambil alih turbin angin lepas pantai Walney yang mampu menghasilkan daya listrik 659-MW pada tahun 2018. Jauh sebelum ada turbin angin raksasa lepas pantai London Array dan Walney, sudah dikenal Turbin Angin lepas pantai Greater Gabbard yang mampu memproduksi listrik 500-MW.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)