10 Penemuan Dinosaurus Luar Biasa Selama Tahun 2021, Nomor 7 Bergigi Seperti Hiu

Sabtu, 25 Desember 2021 - 17:14 WIB
loading...
10 Penemuan Dinosaurus Luar Biasa Selama Tahun 2021, Nomor 7 Bergigi Seperti Hiu
Selama tahun 2021 banyak penemuan fosil dinosaurus, mulai dari individu Tyrannosaurus rex yang pernah ada sampai dinosaurus terpanjang. Foto/livescience
A A A
SELAMA tahun 2021 banyak penemuan fosil dinosaurus , mulai dari individu Tyrannosaurus rex yang pernah ada sampai dinosaurus terpanjang. Penelitian tentang dinosaurus masih sangat menarik untuk mengungkap berbagai jenis yang pernah ada.

Sebab, masih sangat banyak penemuan spesies dinosaurus baru yang menakjubkan. Berikut adalah 10 penemuan dinosaurus yang luar biasa selama tahun 2021 dirangkum livescience:

1. Dinosaurus Pertama dengan Lubang Kloaka Sempurna
10 Penemuan Dinosaurus Luar Biasa Selama Tahun 2021, Nomor 7 Bergigi Seperti Hiu

Para peneliti telah menemukan semua jenis fosil sisa dinosaurus, berupa tulang, gigi, bekas kulit, dan bulu. Baru pertama paleobiologi dari University of Bristol di Inggris menemukan dinosaurus pertama dengan lubang kloaka sempurna. (Baca juga; Ini Monster Laut Zaman Dinosaurus, Panjang 17 Meter Hidup 247 Juta Tahun Lalu )

Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Current Biology pada Januari 2021, lubang kloaka ini digunakan dinosaurus untuk buang air besar, air kecil, berkembang biak, dan bertelur. "Ini kloakanya sendiri, dibentuk dengan cara yang sempurna dan unik," kata Jakob Vinther, Ketua Peneliti Paleobiologi University of Bristol, Inggris.

2. Dinosaurus T-rex yang Terbanyak
10 Penemuan Dinosaurus Luar Biasa Selama Tahun 2021, Nomor 7 Bergigi Seperti Hiu

Diperkirakan ada sebanyak 2,5 miliar individu T-rex yang hidup selama 2,5 juta tahun terakhir pada periode Kapur (145 juta hingga 66 juta tahun lalu), sebelum asteroid pembunuh bertabrakan dengan Bumi. (Baca juga; Ulat Punya 1.300 Kaki Ditemukan di Australia )

Para peneliti meneliti semua faktor untuk menentukan jumlah ini, termasuk kepadatan populasi raja dinosaurus, habitat, waktu generasi, dan jumlah generasi. Menurut sebuah penelitian di jurnal Science yang terbit pada April 2021, masih kurang dari 100 fosil individu T-rex yang ditemukan.

3. Supersaurus, Dinosaurus Terpanjang
10 Penemuan Dinosaurus Luar Biasa Selama Tahun 2021, Nomor 7 Bergigi Seperti Hiu

Supersaurus tercatat sebagai dinosaurus terpanjang, sekitar 39 meter (128 kaki) dan bahkan mungkin mencapai 42 meter (137 kaki). Menurut penelitian yang tidak dipublikasikan dan dipresentasikan dalam konferensi tahunan Society of Vertebrate Paleontology tahun 2021, Supersaurus ditemukan pada tahun 1972.

Supersaurus selalu dikenal karena ukurannya yang panjang, meskipun dinosaurus pemakan tumbuhan ini tingginya sekitar 34 meter (111 kaki). Tapi sekarang, dari tulang yang baru digali dan dianalisis mengungkapkan betapa supernya ukuran dinosaurus ini. (Baca juga; Fosil Kelabang Seukuran Kereta Api Ditemukan di Newcastle )

4. Dinosaurus Muda dan Tua Berkelompok saat Bepergian
10 Penemuan Dinosaurus Luar Biasa Selama Tahun 2021, Nomor 7 Bergigi Seperti Hiu

Sebuah kuburan dinosaurus yang ditemukan di Argentina mengungkapkan bahwa dinosaurus berleher panjang sampai dari tukik seukuran tikus melakukan perjalanan bersama dalam kelompok pada 40 juta tahun lalu. Para peneliti menemukan lebih dari 100 fosil telur dan tulang dari 80 individu Mussaurus patagonicus yang berasal dari 192 juta tahun lalu, selama periode Jurassic (201,3 juta hingga 145 juta tahun yang lalu).

Bahkan ada bukti bahwa dinosaurus muda berkumpul (dan mati) bersama, menunjukkan kawanan itu memiliki struktur internal. Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal Scientific Reports pada bulan Oktober menyebutkan bahwa ini adalah bukti tertua dari perilaku sosial yang kompleks dan berkelompok pada dinosaurus. (Baca juga; Fosil Dinosaurus Penguasa Amerika Utara Ditemukan di New Mexico )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)