10 Penemuan Dinosaurus Luar Biasa Selama Tahun 2021, Nomor 7 Bergigi Seperti Hiu

Sabtu, 25 Desember 2021 - 17:14 WIB
5. Dinosaurus yang Mati Mengerami Telur

Dinosaurus Nonavian ini merupakan dinosaurus satu-satunya yang dtemukan duduk di atas telur yang masih memiliki embrio. Dinosaurus ini mirip burung unta yang mati mengerami telur di sarangnya. (Baca juga; Disebut Fosil Terindah, Ini Embrio Dinosaurus Berusia 66 Juta Tahun )

Dinosaurus ini, spesies oviraptorosaur, kemungkinan mengerami telur-telur itu selama periode Cretaceous di wilayah China. Menurut penelitian jurnal Science Bulletin yang diterbitkan pada bulan Mei, dari 24 telur, tujuh masih memiliki embrio fosil berusia berusia 70 juta tahun!

6. Dinosaurus Tercepat Selain T-rex

Ada dua dinosaurus pemakan daging berlari dengan kecepatan hampir 45 km per jam (28 mph) di utara Spanyol. Jejak itu ditinggalkan oleh dua individu karnivora berbeda yang berlari di dasar danau licin selama awal Kapur. (Baca juga; Fosil Dinosaurus Terbesar dan Terlengkap Berusia 80 Juta Tahun Ditemukan di Italia )

Sebuah studi di jurnal Scientific Reports pada bulan Desember menemukan mengungkapkan bahwa dinosaurus ini sama cepatnya dengan manusia tercepat Usain Bolt yang secara singkat mencapai kecepatan 44,3 km per jam pada perlombaan lari tahun 2009.

7. Dinosaurus Bergigi Hiu yang Lebih Besar dari Tyrannosaurus

Melihat Tyrannosaurus besar, pasti kita berpikir itu predator pada puncak ekosistem. Tapi ternyata ada dinosaurus yang lebih besar, yaitu Ulughbegsaurus uzbekistanensis. Nama yang rumit itu sebutan untuk dinosaurus bergigi hiu atau carcharodontosaur. Menurut studi jurnal Royal Society Open Science pada bulan September, Carcharodontosaurus adalah sepupu dan pesaing tyrannosaurus.

Ulughbegsaurus uzbekistanensis tinggal di tempat yang sekarang disebut Uzbekistan sekitar 90 juta tahun lalu. Panjangnya 8 meter dan berat 1.000 kilogram). Dengan kata lain, panjangnya dua kali lipat dan lima kali lebih berat, dibandingkan predator puncak ekosistem yang dikenal sebelumnya, yaitu Tyrannosaurus Timurlengia. (Baca juga; Bukan T-Rex, Dinosaurus Pemakan Daging Tertua Ini Dijuluki Si Kepala Naga )

8. Tyrannosaurus Bertarung untuk Menjaga Wilayahnya

Tyrannosaurus yang menakutkan ini menggigit wajah dinosaurus lain, meskipun kemungkinan tidak untuk membunuh. Sebaliknya, predator ini mungkin mendapatkan gigitan ketika mereka berjuang untuk mempertahankan wilayah, pasangan atau status yang lebih tinggi. (Baca juga; Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus Pertama di Greenland yang Hidup 214 Juta Tahun Lalu )

Sebuah studi jurnal Paleobiology pada bulan September menemukan pengetahuan tentang perilaku dinosaurus ini dimungkinkan dengan mempelajari 202 tengkorak dan rahang Tyrannosaurus yang memiliki banyak bekas luka, totalnya 324. Hanya sekitar setengah dari Tyrannosaurus yang lebih tua memiliki bekas luka ini. Jadi mungkin hanya Tyrannosaurus dewasa yang ikut serta dalam keributan ini.

9. Dinosaurus Berleher Panjang Bermigrasi Jauh

Batu Gastrolit Kuarsit merah muda halus ini menjadi petunjuk bahwa dinosaurus bermigrasi dengan jarak yang jauh. Dari batuan ini diketahui dinosaurus berleher panjang, yang disebut Sauropoda, menelan batu Gastrolit Kuarsit merah muda di tempat yang sekarang disebut Wisconsin dan mati di tempat yang sekarang masuk wilayah Wyoming, pada periode Jurassic.

Dalam sebuah studi di Jurnal Terra pada bulan Februari menjelaskan, batu Gastrolit Kuarsit merah muda atau batu perut ini digunakan untuk menggiling makanan, yang ditelan dinosaurus di satu wilayah dan kemudian disimpan di wilayah lain. Batu yang ditemukan para peneliti merupakan Formasi Morrison di Wyoming. Itu artinya jarak yang ditempuh mencapai ratusan mil. (Baca juga; Peneliti Inggris Temukan Spesies Baru Dinosaurus Iguanodon di Kepulauan Isle )