Orang-Orang yang Sukses Berwisata ke Luar Angkasa

Senin, 03 Januari 2022 - 18:23 WIB
loading...
Orang-Orang yang Sukses Berwisata ke Luar Angkasa
Sejak 2001, sudah ada wisatawan luar angkasa pertama yang mengudara dan menceritakan bagaimana menakjubkannya pengalaman itu. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Melakukan perjalanan wisata ke luar negeri sudah biasa. Apa jadinya jika seseorang berwisata ke luar angkasa ? Hal itu bukan mustahil.

Sejak 2001, sudah ada wisatawan luar angkasa pertama yang mengudara dan menceritakan bagaimana menakjubkannya pengalaman itu.

Lantas, siapa saja orang-orang yang sukses berwisata ke luar angkasa? Berikut daftarnya:

1. Guy Laliberte

Orang-Orang yang Sukses Berwisata ke Luar Angkasa


Laliberte adalah seorang pengusaha kaya asal Kanada yang berhasil melakukan perjalanan ke luar angkasanya di tahun 2009. Pemilik Cirque du Soleil ini merayakan ulang tahun perusahaannya yang ke-25 dengan berwisata ke luar angkasa.



Dalam keterangannya kepada Forbes (9 Juni 2011), Laliberte sengaja melakukan hal tak biasa tersebut. Ia mengatakan, sudah melakukan banyak perjalanan ke berbagai belahan dunia. Namun, belum sekalipun mencicipi sensasi berpetualang ke luar bumi.

Dengan perjalanan ini, ia merasa menantang dirinya sendiri dan berhasil melaluinya. Laliberte menghabiskan biaya sekira 35 juta dolar AS untuk wisatanya ini.

2. Mark Shuttleworth

Orang-Orang yang Sukses Berwisata ke Luar Angkasa


Dalam jurnal berjudul ‘Space Tourism: Prospects, Positioning and Planning’ yang ditulis oleh Sam Cole dari Universitas Buffalo, New York, ada beberapa orang yang sudah pernah melakukan wisata luar angkasa di tahun 2000-an. Salah satunya adalah pengusaha asal Afrika Selatan, Mark Shuttleworth.

Ia melakukan perjalanan pada April 2001 dengan dana sebesar 20 juta dolar AS. Shuttleworth menggunakan pesawat luar angkasa milik Rusia, dan menjadi orang Afrika Selatan pertama yang berhasil melakukan perjalanan ke luar angkasa . Dirinya lepas landas dengan didampingi 2 orang kosmonaut bernama Yury Ginzenko dan Roberto Vittori.

3. Jeff Bezos

Orang-Orang yang Sukses Berwisata ke Luar Angkasa


Pendiri Amazon, Jeff Bezos, mengutarakan keinginannya untuk berwisata ke luar angkasa, pada Juni 2021, dengan menggunakan jasa perusahaan antariksa Blue Origin. Sebulan setelahnya, ia berhasil berangkat bersama 3 orang lainnya, yakni Oliver Daemen, Wally Funk, dan Mark.



Melansir Sindonews (21 Juli 2021), kepergiannya ini mencetak beberapa rekor seperti ketinggian melewati atmosfer dan penerbangan yang membawa astronot termuda (Daemen berusia 18 tahun) dan astronot tertua (Funk dengan usia 82 tahun).

Bezos beserta rombongan menggunakan roket New Shepard dengan ketinggian 100 km di atas permukaan laut. Ia merogoh kocek hingga 5,5 juta dolar AS untuk wisata luar angkasa selama 4 menit itu.

4. Richard Branson

Orang-Orang yang Sukses Berwisata ke Luar Angkasa


Pengusaha dan penulis kenamaan asal Inggris, Richard Branson melakukan perjalanan ke luar angkasa pada Juli 2021. Ia menggunakan pesawat luar angkasa miliknya sebagai alat transportasi.



Bezos yang berusia 71 tahun meninggalkan bumi didampingi 5 astronot lain dan berhasil meroket hingga ketinggian 88 km dari gurun New Mexico. Pemilik perusahaan luar angkasa Virgin Galactic ini mengaku perjalanan yang ia lalui itu sangat mengesankan dan ‘magical’.

5. Dennis Tito

Orang-Orang yang Sukses Berwisata ke Luar Angkasa


Dennis Tito adalah seorang insinyur, astronot, dan pengusaha pertama asal AS yang menjadi wisatawan luar angkasa. Ia berangkat pada 30 April 2001 menuju stasiun luar angkasa. Kala itu, Tito menggunakan roket Russian Soyuz untuk mengantarkannya hingga ke luar bumi.

CNN (20 Juli 2021) menyebutkan, ongkos perjalanan yang harus dibayar pria 60 tahun itu adalah USD20 juta. Segala hal terkait luar angkasa sudah sangat digemari Tito sejak belia. Bahkan, ia sudah bermimpi membuat sebuah lokasi persinggahan di luar angkasa.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)