Anousheh Ansari Wanita Muslim Pertama yang Terbang ke Luar Angkasa

Rabu, 05 Januari 2022 - 06:02 WIB
loading...
Anousheh Ansari Wanita Muslim Pertama yang Terbang ke Luar Angkasa
Anousheh Ansari menjadi wanita muslim pertama yang meluncur ke luar angkasa. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Kegagalan Daisuke Enomoto, miliarder Jepang, yang gagal berangkat ke antariksa karena masalah kesehatan pada 18 September 2006 membuat Anousheh Ansari menjadi wanita muslim pertama yang meluncur ke luar angkasa.

Wanita asal Iran yang lahir pada 12 September 1966 ini akhirnya terbang menggunakan Soyuz TMA-9 dan mengorbit selama 6 bulan di antariksa sebelum akhirnya mendarat mulus di Kazakhtan.

Bagi Ansari perjalanan ke luar angkasa merupakan perjalanan berharga baginya, sebab ia bukanlah seorang astronot dan peluangnya sebagai kru pesawat tidaklah mudah, lantaran dirinya hanya sebagai cadangan hanya karena ikut dalam pelatihan selama enam bulan sebelum pergi.



"Saya mendapatkan pelatihan yang sama seperti yang diterima para astronot. Tapi, latihan saya dalam tingkat 'pengguna', sementara mereka menjalani latihan sekitar dua tahun dengan lebih mendalam di tingkat perbaikan sistem. Namun, saya tetap mengambil peran aktif sebagai kru," kenang Ansari.

Meski demikian, ia tersanjung saat dirinya bisa menyaksikan bumi yang begitu indah dari antariksa. Baginya kemulusan berangkat dan selamatnya saat turun ke Bumi merupakan keberuntungan. Perjalanan itu menjadikannya sebagai pengalaman yang berharga.



"Sulit untuk menaruh harga pada mimpimu. Saya siap mempertaruhkan nyawa saya untuk mimpi ini. Pengalaman dan kepuasan yang Anda dapatkan dari mengetahui bahwa Anda telah mampu mewujudkan impian masa kecil Anda melalui banyak kerja keras, ketekunan, dan pengorbanan membuat semuanya berharga, dan juga berbulan-bulan yang dihabiskan dalam persiapan, sama berharganya," kenang Ansari.

Imigran Miskin

Sekalipun saat ini Ansari merupakan pebisnis yang memiliki harta melimpah hingga miliaran, namun keluarga Ansari merupakan seorang imigran Iran yang menetap di Prancis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2330 seconds (0.1#10.140)