Pelindung Matahari Teleskop James Webb Terbuka Sempurna, Selanjutnya Pemasangan Cermin Utama

Rabu, 05 Januari 2022 - 07:51 WIB
loading...
Pelindung Matahari Teleskop James Webb Terbuka Sempurna, Selanjutnya Pemasangan Cermin Utama
Pelindung matahari (sunshield) teleskop luar angkasa James Webb (James Watt Space Telescope/JWST) terbuka secara sempurna setelah melalui serangkaian proses yang rumit. Foto/NASA GSFC/CIL/Adriana Manrique Gutierrez
A A A
PELINDUNG matahari (sunshield) teleskop luar angkasa James Webb (James Watt Space Telescope/JWST) terbuka secara sempurna setelah melalui serangkaian proses yang rumit. Pelindung matahari ini merupakan fitur penting dari teleskop James Webb untuk menjaga berbagai instrumen tetap dingin sehingga berfungsi dengan baik.

“Ini adalah momen yang sangat besar. Saya hanya ingin mengucapkan selamat kepada seluruh tim,” kata Bill Ochs, Manajer Proyek untuk JWST di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, dikutip SINDOnews dari laman theverge, Rabu (5/1/2022).

Proses pembukaan pelindung matahari sangat kompleks karena lapisannya merupakan selaput yang sangat tipis. Ada sekitar 107 mekanisme pelepasan yang digunakan untuk membentangkan lapisan pelindung matahari. (Baca juga; Ini Fungsi Pelindung Matahari pada Teleskop James Webb )

Setiap mekanisme harus bekerja sesuai rencana agar pelindung matahari benar-benar terbuka sempurna. Setelah lapisan pelindung matahari terbentang, wahana James Webb harus menarik agar kencang seperti layar yang terbentang di atas perahu.

Pemasangan sunshield membutuhkan waktu lebih dari seminggu, sedikit lebih lama dari yang direncanakan. NASA secara tentatif menjadwalkan proses tersebut memakan waktu sekitar enam hari, tetapi tim JWST mengambil jeda selama akhir pekan Tahun Baru untuk beristirahat dan mempelajari data yang mereka terima dari pesawat ruang angkasa.

Ada juga beberapa masalah yang harus diselesaikan saat proses pembukaan pelindung matahari karena beberapa pembacaan suhu dan masalah peralatan yang tidak terduga. “Kami masih dalam fase pengenalan awal dengan teleskop. Akan selalu ada sedikit perbedaan ketika di orbit dan di darat,” kata Ochs.
Pelindung Matahari Teleskop James Webb Terbuka Sempurna, Selanjutnya Pemasangan Cermin Utama


Setelah pelindung matahari terbuka sempurna, proses penting selanjutnya yang menjadi perhatian adalah membuka cermin utama. Perangkat utama ini akan digunakannya untuk mengumpulkan cahaya dari galaksi dan bintang yang jauh. Proses penting ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar seminggu. (Baca juga; Teleskop Terbesar dan Termahal, Roket Ariane 5 Sukses Luncurkan James Webb )

Teleskop Luar Angkasa James Webb adalah observatorium ruang angkasa baru milik NASA yang diluncurkan pada 25 Desember 2021 setelah menghabiskan waktu sekitar 25 tahun untuk pengembangan. Teleskop James Webb dianggap sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble yang saat ini mengorbit di sekitar Bumi.

Teleskop James Webb memberikan lebih banyak kekuatan dan kemampuan yang ditingkatkan untuk melihat objek yang jauh dan redup di antariksa. Para astronom berharap teleskop James Webb mampu melihat beberapa bintang dan galaksi pertama yang terbentuk hanya beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4931 seconds (11.210#12.26)