2 Tahun Mengering, Danau Oroville Kembali Digenangi Air Setinggi 27 Meter

Rabu, 05 Januari 2022 - 10:45 WIB
loading...
2 Tahun Mengering, Danau Oroville Kembali Digenangi Air Setinggi 27 Meter
Pemandangan dari udara kondisi Bendungan Oroville di Butte County, pada 28 Oktober 2021. Foto/Mercurynews/California Department of Water Resources
A A A
OROVILLE - Danau Oroville yang mengalami kekeringan dan kemunduran selama dua tahun terakhir, kembali digenangi air setinggi 89 kaki (27,1 meter). Danau Oroville sekarang memiliki cukup air setelah hujan lebat pada bulan Desember 2021 sehingga pembangkit listrik tenaga air yang sudah dihentikan sejak Agustus 2021 kembali beroperasi.

Danau Oroville adalah waduk yang dibentuk oleh Bendungan Oroville dengan menahan aliran Sungai Feather yang terletak di Butte County, California utara, Amerika Serikat (AS). Danau ini terletak 5 mil timur laut Kota Oroville, di dalam Area Rekreasi Negara Bagian Danau Oroville, di kaki barat Sierra Nevada.

Pembangkit listrik ditutup pada 5 Agustus karena tidak ada air yang cukup untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik. Penghentian operasi ini adalah pertama kalinya terjadi sejak pembangunan Bendungan Oroville selesai pada tahun 1967. Ini menjadi simbol kekeringan yang semakin parah di California.

Mulai Oktober 2021, ketinggian waduk berlahan meningkat 76 kaki (23,1 meter) menyusul badai dan hujan yang tinggi. Sampai Desember 2021 ketinggian permukaan air di waduk Oroville mencapai 89 kaki (27,1 meter). (Baca juga; Laut Kaspia Mengering, Akibat Perubahan Iklim Ekstrem dan Siklus Alam yang Normal )

"Ini adalah tonggak penting bagi California setelah kondisi kekeringan. Sumber air bersih ini juga membantu pengadaan energi negara bagian," kata Karla Nemeth, Direktur Departemen Sumber Daya Air negara bagian California dikutip SINDOnews dari laman Mercurynews, Rabu (5/1/2022).

Danau Oroville adalah reservoir besar yang membentang sepanjang 10 mil saat penuh dan menjadi kunci utama Proyek Air Negara yang dibangun oleh mantan Gubernur Edmund “Pat” Brown. Pada bulan Agustus, setelah periode dua tahun terkering di California Utara sejak 1975-77, Danau Oroville hanya terisi 24%, mencapai titik terendah sepanjang masa.
2 Tahun Mengering, Danau Oroville Kembali Digenangi Air Setinggi 27 Meter

Danau Oroville yang mengalami kekeringan dan kemunduran selama dua tahun terakhir, kembali digenangi air setinggi 89 kaki (27,1 meter). Foto/AFP

Ketinggian air berada jauh di bawah landai perahu dan kondisi kekeringan di danau ini menjadi pemberitaan internasional. Ketinggian air telah turun di bawah pipa intake yang biasanya mengirim air untuk memutar enam turbin besar di Pembangkit Listrik Edward Hyatt di dasar bendungan.

Pembangkit listrik tenaga air adalah sumber tenaga terbesar kedua di negara bagian California dan menyediakan sekitar 15% listrik setiap tahun. Namun, kondisi ini tidak menyebabkan pemadaman listrik.

Tetapi fakta Bendungan Oroville, setinggi 770 kaki, tidak dapat lagi menghasilkan listrik merupakan pengingat yang mengkhawatirkan akan parahnya kekeringan di negara bagian California. (Baca juga; Bak Cinta yang Kering Ditelikung, Laut Aral Mengering Setelah 2 Sungai Sumber Mata Airnya Dialihkan )

Setelah Danau Oroville kembali digenangi air, salah satu turbin dioperasikan kembali dan menghasilkan daya listrik 30 megawatt. Turbin lain segera dioperasikan kembali karena permukaan danau terus meningkat.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)