Firaun Ramses II Ternyata Miliki Paspor Mesir Setelah 3.000 Tahun Kematiannya

Jum'at, 07 Januari 2022 - 16:04 WIB
loading...
Firaun Ramses II Ternyata Miliki Paspor Mesir Setelah 3.000 Tahun Kematiannya
eski sudah meninggal sekitar 3.000 tahun yang lalu, ternyata mumi Ramses II diberi paspor oleh pemerintah Mesir untuk masuk ke negara Prancis. Foto/dok
A A A
KAIRO - Ramses II atau yang disebut sebagai Ramses Agung merupakan firaun ketiga dari kerajaan Mesir yang termasyur. Meski sudah meninggal sekitar 3.000 tahun yang lalu, ternyata mumi Ramses II diberi paspor oleh pemerintah Mesir untuk masuk ke negara Prancis.

Dikutip dari Heritagedaily, pemberian paspor terhadap mumi Ramses II benar-benar dilakukan oleh pemerintah Mesir agar firaun tersebut bisa masuk ke negara Prancis. Mumi Ramses II di bawa ke Prancis untuk mendapatkan perawatan setelah tubuhnya terkena jamur yang bisa mengancam keberadaannya.



Awalnya, Profesor Prancis Maurice Bucaille yang meneliti mumi Ramses II pada tahun 1975 menemukan adanya jamur yang menggerototi mumi tersebut. Bucaille menyarankan agar pemerintah Mesir melakukan perawatan untuk mencegah pembusukan total.

Disepakati kalau perawatan mumi Ramses II dilakukan di Paris. Saat itu Undang-undang Prancis menyatakan bahwa siapa saja yang masuk ke negara itu mengunakan transportasi udara harus memiliki paspor.

Firaun Ramses II Ternyata Miliki Paspor Mesir Setelah 3.000 Tahun Kematiannya


Untuk mematuhi hukum setempat, pemerintah Mesir mengeluarkan paspor untuk Firaun. The New York Times melaporkan pada 27 September 1976, mumi Ramses II disambut oleh Sekretaris Negara Universitas, Alice Saunter-Seite, dan detasemen tentara.



Ramses II, yang memerintah Mesir selama 67 tahun, mendapat perlakuan khusus di Bandara Le Bourget. Kemudian dibawa ke Museum Etnologi Paris untuk diperiksa oleh Profesor Pierre-Fernand Ceccaldi, kepala ilmuwan forensik di Laboratorium Identifikasi Kriminal Paris.

Selama pemeriksaan, Cecaldi mencatat bahwa rambut Ramses II terpelihara secara menakjubkan. Pemeriksaan itu menunjukkan beberapa data pelengkap, terutama tentang pigmentasi: Ramses II adalah 'cymnotricche leucoderma' berambut merah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3183 seconds (0.1#10.140)