Masuki Puncak Musim Hujan, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Kamis, 13 Januari 2022 - 04:43 WIB
loading...
Masuki Puncak Musim Hujan, BMKG Minta Masyarakat Waspada
BMKG meminta masyarakat, agar waspada dengan adanya peningkatan curah hujan selama tiga hari ke depan yakni dari tanggal 13 sampai 15 Januari 2022. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Masyarakat diminta waspada adanya peningkatan curah hujan selama tiga hari ke depan yakni dari tanggal 13 sampai 15 Januari 2022. Hal ini dikatakan, Deputi Bidang Meteorologi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ), Guswanto.

Baca Juga: BMKG


"Sebagian besar wilayah Jabodetabek termasuk wilayah yang diprediksikan mengalami puncak musim hujan pada periode Januari ini," kata Guswanto dikutip dari siaran pers, Kamis (13/1/2022).

Dia menjelaskan, dari hasil analisis dinamika atmosfer diidentifikasi adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia selatan Jawa. Kemudian adanya pola tekanan rendah di Australia bagian utara yang dapat membentuk pola pertemuan massa udara.

"Dan belokan angin di wilayah selatan Indonesia terutama di sekitar Laut Jawa bagian barat dan perairan selatan Banten dan Jawa Barat dapat mempengaruhi pembentukan awan hujan di wilayah Jabodetabek," ucapnya.

Lebih lanjut kata Guswanto, berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memperkirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Jabodetabek.

Berikut wilayah yang diprediksi mengalami peningkatan curah hujan.

1. 13 Januari 2022: Kep. Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

2. 14 Januari 2022: Jakarta Utara, Bogor, dan Depok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)