Asteroid yang Pernah Musnahkan Dinosaurus Melesat ke Bumi 19 Januari Ini

Kamis, 13 Januari 2022 - 11:45 WIB
Asteroid yang Pernah Musnahkan Dinosaurus Melesat ke Bumi 19 Januari Ini
Asteroid bernama (7482) 1994 PC1 semakin dekat dengan numi sehingga diklasifikasikan sebagai berpotensi berbahaya oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA). FOTO/ NASA
NEW YORK - Astroid yang pernah musnahkan dinosaurus berjuta-juta tahun lalu, terdeteksi mendekati bumi. Asteroid raksasa sepanjang satu kilometer diperkirakan melintasi Bumi pada 19 Januari pukul 10.51 (waktu setempat).

Seperti dilansir dari Daily Star, Asteroid bernama (7482) 1994 PC1 semakin dekat dengan numi sehingga diklasifikasikan sebagai berpotensi berbahaya oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Batu antariksa yang berukuran hampir tiga kali ukuran Empire State Building itu diperkirakan akan mendekati Bumi pada jarak yang sangat dekat sehingga para astronom mungkin melihatnya menembus ruang angkasa dengan kecepatan 70.415,237 kilometer per jam.

Menurut mereka, itu tidak akan mendekati Bumi di luar jarak hingga 1,9 juta kilometer, yaitu lima kali jarak antara Bumi dan bulan.

Menurut situs Inverse, batu ruang angkasa pertama kali terdeteksi oleh Robert McNaught dari Spring Siding Observatory di Australia pada 9 Agustus 1994.

Para astronom juga telah menemukan bahwa batu ruang angkasa mengorbit Matahari sekali setiap 1,57 tahun dan akan mendekati Bumi sekali setiap 30 tahun atau lebih.

Jarak yang akan dicatat kali ini adalah yang paling dekat dengan Bumi dan tidak akan menjadi yang terdekat hingga 200 tahun ke depan.