Gunung Berapi Bawah Laut Meletus, Tongatapu Disapu Gelombang Tsunami

Sabtu, 15 Januari 2022 - 21:57 WIB
loading...
Gunung Berapi Bawah Laut Meletus, Tongatapu Disapu Gelombang Tsunami
Gelombang tsunami berikutnya menghantam pantai Tonga, Nukualofa, hari ini dan menenggelamkan jalan dan properti pantai, menurut Radio New Zealand (RNZ). FOT/ Guardian
A A A
TONGGA - Tsunami menghantam pulau terbesar di Tonga, Tongatapu dan gelombang tsunami hingga ke ibu kota kepulauan itu setelah gunung berapi dasar laut meletus, memuntahkan abu dan gas ke udara hari ini.

Seperti dilansir dari Guardian, Sabtu (15'1'021) gambar satelit menunjukkan awan abu besar dan gelombang tremor yang tersebar dari letusan.



Peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk pulau-pulau Tonga sebuah negara di kawasan pasipik. Saran peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk daerah-daerah sejauh Pulau Utara Selandia Baru.

Gelombang tsunami berikutnya menghantam pantai Tonga, Nuku'alofa, hari ini dan menenggelamkan jalan dan properti pantai, menurut Radio New Zealand (RNZ).

Penguasa Tonga Raja Tupou VI dievakuasi dari Istana Kerajaan setelah tsunami menyebabkan banjir melanda ibu kota Tonga, RNZ melaporkan mengutip media lokal yang melaporkan bahwa konvoi tentara dan polisi memindahkan monarki ke sebuah vila di Mata Ki Eua.

Warga pindah ke tempat yang lebih tinggi, kata RNZ saat ombak menghantam halaman istana dan jalan-jalan utama.

Abu juga turun dari langit di Nuku'alofa sore ini sementara saluran telepon terputus, kata RNZ.

Gunung berapi Hunga-Tonga-Hunga -Ha'apai meletus untuk pertama kalinya kemarin, menyemburkan abu setinggi 20 kilometer ke udara.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)