Efek Gunung Berapi Bawah Laut Tonga Meletus, Jepang Digulung Tsunami

Minggu, 16 Januari 2022 - 19:03 WIB
loading...
Efek Gunung Berapi  Bawah Laut Tonga Meletus, Jepang Digulung Tsunami
Jepang kembali dilanda Tsunami Minggu (16/1/2021). FOTO /Japan Times
A A A
TOKYO - Tsunami melanda Jepang Sabtu malam hingga Minggu, beberapa jam setelah letusan gunung berapi dasar laut di kepulauan Tonga.

Seperti dilansir dari The Japan Times, Minggu (16/1/2022) Menurut Badan Meteorologi Jepang, mengatakan gelombang setinggi 1,2 meter tiba di pulau Amami Oshima sekitar pukul 23.55 (waktu setempat) sebelum menghantam daerah lain di sepanjang pantai Pasifik Jepang.



Ia menambahkan, gelombang tsunami setinggi 0,9 meter juga melanda pulau Hokkaido serta provinsi barat daya Kochi dan Wakayama.

Stasiun nasional NHK juga menyiarkan rekaman langsung dari pelabuhan-pelabuhan di provinsi-provinsi yang terkena dampak, serta menyerukan penduduk daerah tersebut untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi.

Seorang pejabat badan meteorologi pada konferensi pers langsung menginformasikan perubahan pasang surut lebih dari 1 meter terdeteksi setelah jam 11 malam tetapi tidak diklasifikasikan sebagai tsunami.

Namun, badan tersebut kemudian mengaktifkan sistem peringatan tsunami publik untuk mendesak evakuasi warga Amami.

Sebelumnya, tsunami menghantam pulau terbesar di Tonga, Tongatapu dan gelombang tsunami hingga ke ibu kota kepulauan itu setelah gunung berapi dasar laut meletus, memuntahkan abu dan gas ke udara hari ini.

Seperti dilansir dari Guardian, Sabtu (15'1'021) gambar satelit menunjukkan awan abu besar dan gelombang tremor yang tersebar dari letusan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3025 seconds (0.1#10.140)