China Bikin Robot Bionik Raksasa untuk Kepentingan Militer

Selasa, 18 Januari 2022 - 19:34 WIB
loading...
China Bikin Robot Bionik Raksasa untuk Kepentingan Militer
China telah mengembangkan robot militer bionik raksasa untuk kepentingan militer dan mendukung operasi Tentara Pembebasan Rakyat China. Foto/global defence/bulgarian military
A A A
BEIJING - China telah mengembangkan robot militer bionik raksasa untuk kepentingan militer dan mendukung operasi Tentara Pembebasan Rakyat China. Robot bionik militer ini mampu melakukan fungsi logistik dan intelijen dalam operasi militer.

Robot bionik ini berlari hingga jarak 10 km dengan kecepatan moderat sambil membawa beban seberat 160 kg. China menjuluki robot bionik yang berukuran tinggi setengah tubuh manusia ini sebagai ‘Yak Mekanis’. Yak (bahasa Latin disebut Bos grunniens) adalah sejenis sapi yang banyak ditemukan di Tibet.

Menurut GlobalDefense, robot bionik ini berjalan dan berlari dengan keempat kakinya yang digerakan tenaga listrik. “Ini adalah robot off-road terbesar dan terberat dari jenisnya di dunia,” tulis GlobalDefense dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Selasa (18/1/2022).

Robot bionik ini dapat beroperasi di medan dengan medan dan rintangan yang berbeda, seperti di gurun, bukit berbatu, atau daerah yang tertutup salju. Portal China mengatakan robot ini memiliki lusinan sensor terintegrasi sehingga membuat orientasi terhadap lingkungan jadi lebih mudah dan efisien.

Robot dapat bergerak ke segala arah, memutar, memilih gerakan diagonal, berlari atau sprint, dan melompat. Gerakan yang kompleks ini dicapai dengan membuat dan menyinkronkan 12 set modul gabungan. (Baca juga; China Uji Coba Lengan Robot di Stasiun Luar Angkasa, Sukses Pindahkan Kargo Tianzhou 2 )

Robot, yang diresmikan pada hari Jumat 14 Januari 2022 ini, tidak dilengkapi dengan sistem senjata. Namun, GlobaTimes mengatakan, jika perlu robot tersebut memiliki infrastruktur perangkat lunak terbuka yang bisa diintegrasikan dengan sistem senjata.

Fungsi Yak Mekanis jelas untuk memberikan bantuan dalam membawa beban besar, memfasilitasi pergerakan, dan logistik untuk kelompok tempur. Bahkan, jika perlu, melakukan misi pengintaian. (Baca juga; Elon Musk Pamer Mechazilla, Robot Raksasa Penangkap Roket )
China Bikin Robot Bionik Raksasa untuk Kepentingan Militer


China mengklaim robot bionik ini sangat cocok untuk pengintaian karena tiga alasan utama, yaitu sistem sensor terintegrasi untuk menggambarkan lingkungan, pergerakannya yang mudah di medan berat dan sulit dijangkau, serta yang tak kalah pentingnya, tidak menggunakan lagi manusia dalam pengintaian di medan pertempuran yang berbahaya.

Laman Bulgarian Military menambahkan, bahwa Yak Mekanis ini bukan satu-satunya “binatang robot” yang dikembangkan militer China. Mereka memiliki anjing robot (seperti di Amerika Serikat), yang disebut Geda dan berukuran asli, beratnya 32 kg, dan dapat membawa beban berat 40 kg.

Geda dapat mengenali wajah dan melakukan perintah suara sederhana. Geda juga dirancang untuk melewati medan yang sulit dijangkau. (Baca juga; Bikin Takjub, Ilmuwan Latih Ikan Mas Kendalikan Kendaraan Robotik )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)