Arkeolog Ungkap Fakta Mengerikan dari Temuan Makam Bangsawan China Kuno

Jum'at, 21 Januari 2022 - 21:02 WIB
loading...
Arkeolog Ungkap Fakta Mengerikan dari Temuan Makam Bangsawan China Kuno
Arkeolog menemukan makam berusia 3.000 tahun dari bangsawan kaya China kuno yang dilengkapi dengan kereta kuda berhias emas. Foto/dok
HENAN - Arkeolog menemukan makam berusia 3.000 tahun milik bangsawan kaya China kuno yang dilengkapi dengan kereta kuda berhias emas. Namun yang paling mengerikan, nampak sisa-sisa prajurit dan kuda perang yang tampaknya telah dikorbankan untuk pemakaman bangsawan ini.

Dikutip dari Express, Jumat (21/1/2022), para arkeolog menemukan sebanyak 24 makam di sebuah situs arkeologi di kota Anyang di provinsi Henan. Situs ini berjarak kurang dari 2,4 km dari situs arkeologi Warisan Dunia UNESCO di pusat kota Yinxu.

BACA: Buru Makam Cleopatra, Arkeolog Temukan 20 Mumi di Situs Aswan Mesir

Kota ini pernah menjadi ibu kota Dinasti Shang, yang merupakan dinasti paling awal yang pernah tercatat di China dan memerintah antara sekitar 1600 SM hingga 1046 SM.



Menurut sebuah pernyataan dari kantor berita pemerintah Xinhua, beberapa prajurit ditemukan mengenakan topi yang dihiasi dengan untaian kerang ketika mereka meninggal. Sementara itu, kepala kuda dihiasi dengan lapisan emas dan alas perunggu.

Arkeolog Ungkap Fakta Mengerikan dari Temuan Makam Bangsawan China Kuno


Direktur Institut peninggalan budaya dan arkeologi Kota Anyang, Kong Deming mengatakan, penemuan ini sangat langka yang mencerminkan status dan kekuatan luar biasa dari seorang bangsawan.

Sedangkan prajurit dan kuda yang dikorbankan, merupakan tradisi pemakaman bangsawan saat itu untuk menunjukkan identitas mereka.

Tradisi mengorbankan budak maupun pelayan ketika Raja Shang berkuasa adalah hal biasa. Bahkan ada pelayan atau budak yang dikubur hidup-hidup bersama tuan mereka.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA