Bulan Saturnus Mimas Mirip Death Star di Film Star Wars, Diduga Punya Lautan Tersembunyi

Sabtu, 22 Januari 2022 - 21:05 WIB
Mimas memiliki penampilan mirip Death Star di film Star Wars. Foto: dok NASA
AMERIKA - Selama misi untuk menemukan apakah bulan Saturnus , Mimas, mati secara geologis, para peneliti malah menemukan sesuatu yang jauh lebih mengejutkan.

Tim ilmuwan menemukan bukti kuat dari lautan bawah tanah yang terkubur di bawah permukaan bulan yang lebih mirip Death Star di film Star Wars itu.

Mimas, kata para peneliti, mungkin memiliki lautan ”siluman”. Temuan yang jika diverifikasi benar dan akan semakin memperluas jumlah tempat yang berpotensi layak huni.

Bulan es dengan bukti lautan bawah permukaan mendapat banyak perhatian dari para ilmuwan akhir-akhir ini.

Dua kasus paling terkenal di tata surya adalah Enceladus Saturnus dan Europa Jupiter. Keduanya dianggap sebagai tempat utama untuk mencari kehidupan alien.

Enceladus, khususnya, tampak memiliki sebagian besar bahan yang dibutuhkan untuk menopang kehidupan air lautnya yang memuntahkan geyser di dekat Kutub Selatan bulan.

Permukaan Europa dan Enceladus menunjukkan tanda-tanda aktivitas geologis, juga sumber panas internal yang memungkinkan adanya air.

Sedangkan permukaan Mimas sendiri sangat berkawah yang membuat ilmuwan Southwest Research Institute (SwRI) Alyssa Rhoden menduga itu adalah balok es yang beku.

Namun, Rhoden berpikir penampilan seperti kawah Mimas mungkin saja menyembunyikan lautan.