AS Kembangkan Sistem Peluncuran Hipersonik Hidrogen, Ekonomis dan Ramah Lingkungan

Senin, 24 Januari 2022 - 12:26 WIB
loading...
AS Kembangkan Sistem Peluncuran Hipersonik Hidrogen, Ekonomis dan Ramah Lingkungan
Hypersonix Launch Systems, menciptakan sistem peluncuran hidrogen ramah lingkungan yang dapat digunakan kembali setelah mengirimkan satelit kecil ke orbit. Foto/Bulgarian Military/mil.in.ua
A A A
WASHINGTON - Hypersonix Launch Systems, perusahaan dari Amerika Serikat (AS), menciptakan sistem peluncuran hidrogen ramah lingkungan yang dapat digunakan kembali setelah mengirimkan satelit kecil ke orbit. Sistem peluncuran Hypersonix ini dapat mengurangi biaya pengiriman satelit ke orbit tanpa emisi karbon atau gas berbahaya lainnya.

Menurut Bulgarian Military mengutip Sistem Peluncuran Hypersonix dan mil.in.ua, Hypersonix Launch Systems merupakan sistem peluncuran tiga tahap Wirraway terdiri dari roket orbital Delta Velos dan kendaraan peluncuran tahap pertama Boomerang, yang dapat digunakan kembali. Boomerang harus mempercepat pengorbit Delta Velos ke Mach 5 sebelum berpisah dan kembali ke pangkalan.

Kemudian pengorbit akan terus bergerak, berakselerasi dari 5 hingga 12 Mach, dan akan pergi ke atmosfer atas, di mana ia akan melepaskan muatan - satelit seberat 50 kg, yang akan dipercepat ke Bumi. Pengorbit kemudian akan kembali ke pangkalan, mendarat seperti pesawat biasa.

Delta Velos Orbiter akan dilengkapi dengan empat mesin Hypersonix Spartan. Mesin hipersonik ini merupakan hasil penelitian selama 30 tahun dan lebih dari 6.000 peluncuran darat dan 11 bidang suborbital di bawah HiFiRe dan HyShot.

(Baca juga; Virgin Orbit Sukses Kirim 7 Satelit, Gunakan Teknik Peluncuran Udara dari Boeing 747 )

Mesin Spartan dapat digunakan kembali, terbuat dari komposit matriks keramik yang dicetak pada printer 3D menggunakan teknologi manufaktur aditif generasi berikutnya di University of Sydney. Ini juga memberikan traksi karbon-netral karena didukung oleh hidrogen yang dihasilkan oleh energi matahari dan hanya memancarkan uap air.
AS Kembangkan Sistem Peluncuran Hipersonik Hidrogen, Ekonomis dan Ramah Lingkungan


Pihak perusahaan berharap Delta Velos Orbiter akan mengudara sekitar tahun 2024. Untuk tahap awal, perusahaan akan memulai dengan perangkat yang lebih kecil untuk menguji efektivitas sistem peluncuran, serta kecepatan, penggunaan kembali, dan jangkauan desain kendaraan, dimulai dengan Dart AE , demonstran teknologi yang diperkecil dengan panjang sekitar 2,8 meter.

(Baca juga; Uni Eropa Kutuk Peluncuran Rudal Hipersonik Korea Utara )

Uji coba yang dilengkapi dengan mesin Spartan dan harus memiliki jangkauan 500 km. Ini akan diikuti oleh demonstran Delta Velos yang lebih besar. Dengan panjang 5,5 m, lebar sayap 2 m, dan diameter badan pesawat 0,6 m, pesawat ini akan dilengkapi dengan empat mesin jet udara langsung, menyediakan jangkauan terbang 2500 km dan kecepatan maksimum Mach 12.

Setelah pengujian desain, orbital Delta Velos akan muncul secara utuh dengan panjang 12 m, lebar sayap 3,5 m, dan diameter 1 m. Karena Orbiter dirancang untuk bekerja dengan akselerator apa pun yang memungkinkannya diluncurkan dari situs peluncuran mana pun setelah Delta Velos lepas landas, Hypersonix akan mengembangkan akselerator Boomerang dalam kemitraan dengan produsen rudal yang ada.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)