Bawa 2.267 Kilogram Kargo Hasil Penelitian, SpaceX Dragon Mendarat Mulus di Pantai Florida

Selasa, 25 Januari 2022 - 13:10 WIB
Kapal kargo Dragon CRS-24 mendarat mulus di lepas pantai Florida dekat Panama City, Senin 24 Januari 2022 pukul 16.05 waktu setempat. Foto/Space.com/SpaceX
FLORIDA - Kapal kargo Dragon CRS-24 mendarat mulus di lepas pantai Florida dekat Panama City, Senin 24 Januari 2022 pukul 16.05 waktu setempat. Kapal kargo SpaceX membawa hampir 5.000 pon atau 2.267 kilogram peralatan eksperimen dan ilmu pengetahuan ke Bumi.

Di antaranya, Sitoskeleton yang digunakan mempelajari sinyal sel pada manusia. Termasuk mikroskop pencitraan cahaya yang sudah pensiun setelah lebih dari satu dekade digunakan di orbit. "Splashdown of Dragon dikonfirmasi, menyelesaikan misi ke-24 SpaceX dari stasiun luar angkasa," tulis SpaceX melalui akun Twitter dikutip SINDOnews dari laman Space, Selasa (25/1/2022).

Kargo eksperimen itu akan dibawa ke NASA's Kennedy Space Center di dekat Cape Canaveral, Florida, untuk diteliti para ilmuwan. Pesawat ruang angkasa itu menyelesaikan misinya setelah lebih dari sebulan berada di luar angkasa.

(Baca juga; Kapal Kargo SpaceX Dragon Tinggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional Menuju Bumi )

Misi SpaceX Dragon CRS-24 itu, memungkinkan para astronot Ekspedisi 66 menerima makanan segar dan pasokan dari Bumi pada 22 Desember 2021. Pendaratan awalnya ditargetkan untuk pada Senin pagi waktu setempat, namun cuaca buruk melanda lokasi pendaratan sehingga kapal kargo Dragon mengalami keterambatan.

"Ekspedisi 66 mengucapkan selamat kepada Dragon yang telah kembali. Selamat untuk Houston dan SpaceX. Tidak sabar untuk melihat apa hasilnya," astronot NASA Tom Marshburn melalui radio Mission Control dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

(Baca juga; Florida Diterpa Angin Kencang, SpaceX Tunda Kepulangan Kargo Dragon CRS-24 ke Bumi )

NASA tidak meliput proses pendaratan, namun SpaceX memberikan pembaruan (update) melalui media sosial. Lokasi target cukup dekat dengan NASA's Kennedy Space Center di Florida's Space Coast (satu jam di sebelah timur Orlando), jadi bisa cepat membawa hasil eksperimen yang ke tempat penyimpanan dalam lemari es.