Terjual Rp12,5 Miliar, Satu Koin Emas Raja Henry III Ini Bikin Pria di Inggris Jadi Miliuner

Rabu, 26 Januari 2022 - 12:16 WIB
loading...
Terjual Rp12,5 Miliar, Satu Koin Emas Raja Henry III Ini Bikin Pria di Inggris Jadi Miliuner
Seorang pria di Inggris, Michael Leigh-Mallory, langsung jadi miliuner hanya gara-gara menemukan sekeping koin emas Raja Henry III pada September 2021. Foto/Devonlive
A A A
LONDON - Seorang pria di Inggris, Michael Leigh-Mallory, langsung jadi miliuner hanya gara-gara menemukan sekeping koin emas Raja Henry III pada September 2021. Koin emas tertua di Inggris yang dicetak Abad ke-13 itu terjual seharga 648.000 Pounds atau setara Rp12,5 miliar.

Padahal Michael Leigh-Mallory menemukan koin emas satu sen bergambar Raja Henry III secara tidak sengaja. Ketika itu dia hanya memenuhi janji kedua anaknya, Emily yang berusia 13 tahun dan Harry (10 tahun), menemani pencarian koin.

Kebetulan kedua anak Michael Leigh-Mallory tergabung dalam komunitas arkeologi lokal, sedang melakukan pendeteksian logam dengan peralatan metal elektronik. Ketika berada di area peternakan Hemyock, dia dan anaknya menemukan sekeping koin emas yang sedikit penyok bergambar Raja Henry III.

(Baca juga; Seekor Musang Lapar Temukan 209 Koin Era Romawi yang Disembunyikan Dalam Gua )

Awalnya, dia tidak memikirkan penemuan koin emas itu, tetapi setelah mempostingnya di Facebook, dia menyadari betapa langkanya koin itu. Dia menemukan fakta, hanya ada delapan koin Raja Henry yang ditemukan dan hampir semuanya di museum.

Pada lelang Spink & Son di London pada hari Minggu 23 Januari 2022, koin emas yang ditemukan Michael Leigh-Mallory terjual 648.000 Pounds atau sekitar Rp12,5 miliar lebih. “Jika bukan karena janji dengan anak-anak untuk pergi mencari bersama, saya tidak percaya koin emas ini akan pernah ditemukan,” kata Michael Leigh-Mallory dikutip SINDOnews dari laman Devonlive, Rabu (26/1/2022).
Terjual Rp12,5 Miliar, Satu Koin Emas Raja Henry III Ini Bikin Pria di Inggris Jadi Miliuner


Meskipun jadi miliuner secara mendadak alias orang kaya baru (OKB), Michael Leigh-Mallory, bukan orang yang lupa daratan. Dia membagi separuh uang hasil lelang penjualan koin dengan pemilik lahan pertanian sekitar 324.000 Pounds. Dia pun menggunakan uang bagiannya, untuk biaya pendidikan kedua anaknya.

Saat kunjungan ke London untuk lelang koin emas, Michael Leigh-Mallory menyempatkan diri mengunjungi makan Raja Henry III di Westminster Abbey untuk 'mengucapkan terima kasih'.

“Saya hanya pria normal yang tinggal di Devon bersama keluarganya. Jadi ini benar-benar jumlah uang yang mengubah hidup saya dan untuk masa depan mereka (kedua anaknya),” ujarnya.

(Baca juga; Ratu Elizabeth Jual 69.347 Koin Super Langka Zaman Besi Seharga Rp81 Miliar )

Koin emas Raja Henry III dibuat sekitar tahun 1257 oleh tukang emas raja William dari Gloucester menggunakan emas yang diimpor dari Afrika Utara. Kira-kira ada sebanyak 52.000 koin dicetak menampilkan potret Henry III di atas takhta.

Namun, setelah Raja Henry III meninggal, sebagian besar koin emas itu dicairkan karena dianggap tidak layak secara finansial. Henry III adalah Raja Inggris yang berkuasa sejak tahun 1216 sampai kematiannya pada tahun 1272.

Pada tahun 1240-an dan 1250-an dia menuntut agar semua pembayaran dilakukan dengan emas untuk membangun harta bagi proyek-proyek luar negeri. Ini adalah pertama kalinya ekonomi tidak bergantung pada koin perak sejak zaman kegelapan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)