Penampakan Objek Misterius di Luar Angkasa, Semburkan Energi Raksasa Setiap 20 Menit Bikin Astronom Takut

Kamis, 27 Januari 2022 - 06:59 WIB
loading...
Penampakan Objek Misterius di Luar Angkasa, Semburkan Energi Raksasa Setiap 20 Menit Bikin Astronom Takut
Benda langit misterius ini mampu melepaskan ledakan energi sangat besar sebanyak tiga kali dalam satu jam. Foto/ICRAR/science20
OBJEK misterius di luar angkasa membuat bingung para astronom karena kehadiran dan bentuknya belum pernah terlihat sebelumnya. Apalagi benda langit misterius ini mampu melepaskan ledakan energi sangat besar (raksasa) sebanyak tiga kali dalam satu jam.

Menurut rilis dari International Center for Radio Astronomy Research (ICRAR) yang menjadi subjek penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature, para astronom merasa benar-benar aneh menemukan objek misterius yang menyala terus menerus selama satu menit. Ketika ledakan terjadi, itu adalah salah satu sumber radio paling terang di langit.

Objek aneh itu berputar di luar angkasa, mengirimkan seberkas radiasi setiap 20 menit selama satu menit. Ini adalah salah satu sumber radio paling terang di langit. Objek ini muncul dan menghilang selama beberapa jam selama pengamatan.

Baca juga; Oumuamua, Pengunjung Misterius Luar Angkasa yang Dicurigai Pesawat Alien



“Itu agak menakutkan bagi seorang astronom karena tidak ada objek di langit yang melakukan itu. Dan posisinya sangat dekat dengan kita -- sekitar 4000 tahun cahaya. Itu ada di halaman belakang galaksi kita,” kata ahli astrofisika Dr Natasha Hurley-Walker, dari Universitas Curtin dari Pusat Penelitian Astronomi Radio Internasional dikutip SINDOnews dari laman sciencedaily, Kamis (27/1/2022).

Para peneliti percaya objek itu bisa berupa bintang neutron atau katai putih, yang dicirikan sebagai inti bintang yang runtuh, dengan medan magnet yang kuat. Namun, ada sesuatu yang melepaskan semburan energi yang fantastis pada interval periodik tertentu.

Objek yang menyala dan mati bukanlah hal baru bagi para astronom, mereka menyebutnya sebagai 'transien'. Itu adalah fenomena kematian bintang masif atau aktivitas sisa-sisa yang ditinggalkannya.

'Transien lambat', seperti supernova, mungkin muncul selama beberapa hari dan menghilang setelah beberapa bulan. 'Transien cepat', seperti jenis bintang neutron yang disebut pulsar, berkedip dan mati dalam waktu sangat cepat, milidetik atau detik.

Namun, menemukan sesuatu yang menyala selama satu menit, benar-benar aneh. Objek itu sangat terang dan lebih kecil dari Matahari, memancarkan gelombang radio yang sangat terpolarisasi—menunjukkan bahwa objek tersebut memiliki medan magnet yang sangat kuat.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA