Danau Kivu di Rwanda-Kongo, Surga Pembunuh yang Menyimpan Rahasia Mematikan

Kamis, 27 Januari 2022 - 12:44 WIB
loading...
A A A
KivuWatt tidak mungkin menghentikan operasi karena memiliki konsekuensi serius bagi Rwanda. KivuWatt menghasilkan sekitar 30 persen listrik setiap tahun untuk negara di Afrika Timur itu. Perusahaan Amerika ContourGlobal, yang memiliki KivuWatt, mengoperasi pembangkit listrik di Danau Kivu pada tahun 2015.

KivuWatt, merupakan satu-satunya pembangkit listrik di dunia, yang memanfaatkan gas yang melimpah dari Danau Kivu. Platform apung unik KivuWatt, memompa air yang jenuh mengandung karbon dioksida dan metana dari kedalaman sekitar 350 meter ke permukaan. Saat naik, air dan gas akan terpisah saat tekanan berubah.

"Ini seperti membuka sebotol soda," kata direktur KivuWatt Priysham Nundah, yang menggambarkan proyek itu sebagai perpaduan antara pembangkit listrik termal dan energi terbarukan.


Danau Kivu di Rwanda-Kongo, Surga Pembunuh yang Menyimpan Rahasia Mematikan


Metana yang diekstraksi dikirim melalui pipa ke fasilitas kedua yang terletak di darat di Rwanda, di mana gas diubah menjadi energi listrik. Karbon dioksida dipompa kembali ke danau pada kedalaman yang cukup tepat untuk memastikan keseimbangan tidak terganggu.

KivuWatt berharap dengan menghilangkan gas metana dari waktu ke waktu untuk mengurangi tekanan di dalam danau, bahkan menurunkan risiko letusan limnik. "Hanya dengan KivuWatt saja, saya tidak tahu, butuh waktu berapa abad untuk benar-benar mengurangi metana di danau," kata Martin Schmid, seorang peneliti di Institut Penelitian Air dan Lingkungan Swiss.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)