5 Teknologi Kuno yang Bikin Ilmuwan Melongo

Kamis, 27 Januari 2022 - 22:02 WIB
loading...
A A A
5 Teknologi Kuno yang Bikin Ilmuwan Melongo


Komputer Yunani Kuno tak akan mirip dengan komputer yang ada di rumah saat ini, tapi masih sangat komplek pada zaman itu. Mekanisme aneh itu dibuat dari 37 gigi perunggu, bentuknya hampir menyerupai jam yang sangat rumit.

Benda tersebut kemungkinan digunakan untuk semacam penghitung astronomis, meterologis dan kartografi pada sebelum tahun 100 sebelum masehi.



Mekanisme ini mampu di antaranya, memperhitungkan gerakan benda angkasa, menentukan tanggal 42 peristiwa astronomi termasuk gerhana matahari dan mengukur kekuatan angin di laut dan bahkan gerakan bulan mengelilingi bumi.

3. Seismoskop Zhang Heng

5 Teknologi Kuno yang Bikin Ilmuwan Melongo


Pada tahun 132 masehi ilmuwan dan penemu asal China Zhang Heng memperkenalkan seismokop pertama yang bisa memprediksi gempa dengan keakuratan peralatan modern.

Benda ini dibuat dari perunggu yang berbentuk vas terbalik yang berhiaskan ukiran naga dan katak di semua sisinya. Tapi semua itu bukan sekedar hiasan.

Di dalam bejana, terdapat pendulum yang akan bergerak saat terjadi gempa, meski itu terjadi ratusan kilometer jauhnya, itu akan membuat salah satu bola perunggu jatuh dari mulut naga dan masuk ke mulut katak yang berada di bawahnya. Kemudian menghasilkan suara kencang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)