China Kembangkan Satelit yang Mampu Menarik Satelit Lain ke Luar Orbit, Ini Cara yang Dipakai

Senin, 31 Januari 2022 - 10:52 WIB
loading...
China Kembangkan Satelit yang Mampu Menarik Satelit Lain ke Luar Orbit, Ini Cara yang Dipakai
CHINA mengembangkan satelit yang mampu menarik satelit lain keluar dari orbitnya dan memindahkan ke orbit lain. Foto/The War Zone
A A A
CHINA mengembangkan satelit yang mampu menarik satelit lain keluar dari orbitnya dan memindahkan ke orbit lain. Kemampuan China mengembangkan satelit yang mampu memeriksa, memanipulasi, atau merelokasi satelit lain, membuat kekhawatiran negara lain.

Pada 22 Januari 2022, satelit Shijian-21 milik China atau SJ-21, menghilang dari posisi regulernya di orbit pada siang hari dari pengamatan teleskop optik. Satelit SJ-21 kemudian diamati melakukan "manuver besar" untuk membawanya dekat dengan satelit lain, satelit Sistem Navigasi BeiDou yang mati.

Satelit SJ-21 kemudian menarik satelit mati itu keluar dari orbit geosinkron dan menempatkannya beberapa ratus mil jauhnya di tempat yang dikenal sebagai orbit kuburan (orbit drift super-graveyard). Orbit jauh ini ditujukan untuk satelit yang tidak berfungsi di akhir masa pakainya dan dimaksudkan untuk mengurangi risiko tabrakan dengan objek yang masih beroperasi.

Manuver yang tidak biasa diamati oleh teleskop milik perusahaan kesadaran ruang komersial Exoanalytic Solutions. Selama webinar yang diselenggarakan oleh Center for Strategic and International Studies (CSIS) minggu ini, Brien Flewelling dari Exoanalytic Solutions mengatakan bahwa satelit SJ-21 tampaknya berfungsi sebagai penarik objek ruang angkasa. Laman Breaking Defense.melaporkan Komando Luar Angkasa Amerika Serikat (AS) tidak menanggapi komentar atas manuver itu.



Dikutip SINDOnews dari laman The War Zone, satelit Shijian-21 atau SJ-21, diluncurkan pada Oktober 2021 di atas roket Long March-3B. Satelit ini secara resmi ditetapkan sebagai satelit On-Orbit Servicing, Assembly, and Manufacturing atau OSAM. Satelit kelas besar ini dirancang dengan kemampuan untuk mendekati dan berinteraksi dengan satelit lain.
China Kembangkan Satelit yang Mampu Menarik Satelit Lain ke Luar Orbit, Ini Cara yang Dipakai


Sistem tersebut dapat memungkinkan berbagai aplikasi termasuk memperpanjang umur satelit yang ada, merakit satelit di orbit, atau melakukan pemeliharaan dan perbaikan lainnya. Menurut kantor berita pemerintah China, SJ-21 dirancang untuk “menguji dan memverifikasi teknologi mitigasi puing-puing luar angkasa.”

Manuver SJ-21 baru-baru ini menimbulkan pertanyaan dan kekhawatiran tentang jenis satelit ini dan potensinya untuk penggunaan militer. Todd Harrison, direktur Proyek Aerospace CSIS, mengatakan kepada Breaking Defense bahwa manuver SJ-21 menghadirkan “lebih banyak pertanyaan daripada jawaban.”



Ini bukan pertama kalinya SJ-21 menjadi berita utama dengan perilakunya yang dipertanyakan. Pada November 2021, hanya sebulan setelah peluncurannya, sebuah objek tak dikenal terlihat mengorbit bersama SJ-21.
China Kembangkan Satelit yang Mampu Menarik Satelit Lain ke Luar Orbit, Ini Cara yang Dipakai
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2093 seconds (0.1#10.140)