Ini Alasan Kenapa Harimau Berwarna Orange

Senin, 31 Januari 2022 - 18:27 WIB
loading...
Ini Alasan Kenapa Harimau Berwarna Orange
Harimau jika dilihat oleh rusa ternyata berwarna hijau, ini karena pada retina mamalia memiliki penglihatan dikromatik. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Warna dan pola bulu pada hewan memiliki banyak tujuan yang berbeda, misalnya untuk alat pertahanan diri atau kamuflase. Lalu bagaimana pola warna harimau yang berwarna oranye bisa membuatnya sukses jadi predator di hutan?

Ternyata warna orange pada harimau justru membuatnya bisa berkamuflase dengan lingkungan untuk melakukan perburuan. Harimau jika dilihat oleh rusa ternyata berwarna hijau, ini karena pada retina mamalia memiliki penglihatan dikromatik.

John Fennell, dosen penginderaan hewan dan biometrik di Bristol Veterinary School di Inggris memaparkan, sebagian besar mamalia darat, seperti anjing, kucing, kuda, dan rusa memiliki penglihatan warna dikromatik.



"Itu berarti retina mereka mengandung kerucut hanya untuk dua warna: biru dan hijau," katanya seperti dikutip Live Science, Senin (31/1/2022).

Mamalia darat seperti rusa adalah mangsa utama harimau . Karena penglihatan dikromatik mereka berarti rusa tidak melihat warna harimau oranye tetapi hijau.

"Itu membuat harimau lebih sulit dikenali rusa karena berkeliaran di balik semak atau berjongkok di rerumputan," ujarnya.

Meskipun harimau hijau mungkin akan lebih sulit dikenali, terutama oleh manusia yang mempunyai penglihatan trichromats, evolusi tidak bekerja dengan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bulu hijau.

"Pada dasarnya, lebih mudah untuk menghasilkan cokelat dan orange karena struktur biomolekuler dari susunan hewan daripada menghasilkan warna bulu hijau," kata Fennell.



Faktanya, satu-satunya mamalia yang berwarna hijau adalah Kukang. Namun Fennel mengatakan kalau sebenarnya bulu hewan yang bergerak lamban itu tidak hijau, itu adalah alga yan menempel di bulunya. "Sejauh yang saya ketahui, tidak ada hewan berbulu hijau," katanya.

Fennell telah menggunakan kecerdasan buatan untuk menentukan warna yang ideal dan pola yang ideal untuk bersembunyi di berbagai lingkungan. Pada tahun 2018, studinya didemonstrasikan pada program BBC One "Hewan Berperilaku Buruk."
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)