2 Ilmuwan Temukan Cara Jitu Selamatkan Bumi dari Ancaman Asteroid

Rabu, 02 Februari 2022 - 19:03 WIB
2 Ilmuwan Temukan Cara Jitu Selamatkan Bumi dari Ancaman Asteroid
Asteroid bernama (7482) 1994 PC1 semakin dekat dengan numi sehingga diklasifikasikan sebagai berpotensi berbahaya oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA). FOTO/ NASA
NEW YORK - Dua peneliti dari University of California Santa Barbara, Philip Lubin dan Alex Cohen mengklaim telah menemukan cara menghalau asteroid yang akan menabrak Bumi ala film "Don't Look Up."

Seperti diketahui, film Don't Look Up sendiri mengisahkan dua astronom yang mengadakan tur media untuk umat manusia tentang asteroid berjarak 10 km (6,5 mil) yang akan datang dan menghancurkan Bumi.

Dalam film, asteroid ini siap menghantam Bumi dalam kurun waktu 6 bulan saja. Jika tidak segera dihancurkan, itu artinya manusia dan makhluk Bumi lainnya akan berada dalam kepunahan.

Philip Lubin dan Alex Cohen menyebut telah menemukan cara bagaimana mitigasi dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi yang ada, bahkan dengan skala waktu yang singkat yaitu peringatan 6 bulan.

Salah satunya yang diungkap adalah dengan melakukan penghancuran menggunakan alat peledak nuklir kecil. Ini, dikombinasikan dengan roket peluncur seperti Space Launch System (SLS) NASA atau Starship SpaceX.

Cara ini tidak sepenuhnya menghancurkan asteroid, hanya akan merusak permukaannya dan mendorong asteroid ke arah yang seharusnya. Dengan asteroid berpindah jalur, otomatis Bumi akan terhindar dari benturan.

“Umat manusia telah melewati ambang batas teknologi untuk menghindar dari kepunahan layaknya dinosaurus yang tidak belajar fisika dan gagal menjaga Bumi,” kata Philip dan Alex Cohen, dikutip dari Scitechdaily, Selasa (2/2/2022).

“Kami menunjukkan bahwa mitigasi dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi yang ada, bahkan dengan skala waktu yang singkat hanya 6 bulan. Ini memberi harapan bahwa sistem pertahanan planet kita cukup kuat” tambah mereka.