Elon Musk Bongkar Kehebatan Backflip Roket Falcon 9, Bisa Kembali Vertikal ke Stasiun Peluncuran

Kamis, 03 Februari 2022 - 10:11 WIB
loading...
Elon Musk Bongkar Kehebatan Backflip Roket Falcon 9, Bisa Kembali Vertikal ke Stasiun Peluncuran
CEO Tesla Inc dan SpaceX Elon Musk mengungkapkan rahasia kehebatan roket Falcon 9 dua tahap SpaceX melakukan backflip selama peluncuran terbarunya untuk satelit pengamatan Bumi milik Italia. Foto/SpaceX/Quora
A A A
FLORIDA - CEO Tesla Inc dan SpaceX Elon Musk mengungkapkan rahasia kehebatan roket Falcon 9 dua tahap SpaceX melakukan backflip selama peluncuran terbarunya untuk satelit pengamatan Bumi milik Italia.

SpaceX meluncurkan misi Falcon 9 COSMO-SkyMed Generasi Kedua FM2 yang dapat digunakan kembali ke orbit rendah Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida pada Rabu 2 Februari 2022.

SpaceX milik Musk men-tweet rincian peluncuran bersama dengan siaran web langsung. Perusahaan swasta itu juga membagikan klip pendek pemisahan bagian roket Falcon 9 dari kamera darat.

Musk mencatat urutan pemisahan dalam klip berdurasi 16 detik. Pengusaha miliarder itu mengatakan roket setinggi 16 lantai itu melakukan manuver yang gesit saat bergerak dengan kecepatan sangat tinggi.



“Ini termasuk booster yang melakukan backflip setelah terpisah dari satelit. Booster kemudian menyalakan mesin untuk kembali ke zona pendaratan hanya beberapa menit setelah lepas landas,” katanya dikutip SINDOnews dari laman theepochtimes, Kamis (3/2/2022).
Elon Musk Bongkar Kehebatan Backflip Roket Falcon 9, Bisa Kembali Vertikal ke Stasiun Peluncuran


Satelit COSMO-SkyMed Generasi Kedua akan memantau Bumi untuk pencegahan darurat, strategi, tujuan ilmiah dan komersial. Ini akan mengirim kembali data dalam skala global untuk mendukung manajemen risiko, kartografi, perlindungan hutan dan lingkungan, eksplorasi sumber daya alam, pengelolaan lahan, pertahanan dan keamanan, pengawasan maritim, pengelolaan pangan dan pertanian.

Ini adalah pendaratan booster ke-104 SpaceX selama misi orbital. Perusahaan yang dipimpin Musk telah merancang roket yang dapat digunakan kembali untuk mengurangi biaya dan meningkatkan volume misi terkait ruang angkasa.

SpaceX bertujuan agar Starship menggantikan roket yang ada—Falcon 9, Falcon Heavy, dan Dragon 2—dan dapat membawa lebih banyak massa ke orbit.
Elon Musk Bongkar Kehebatan Backflip Roket Falcon 9, Bisa Kembali Vertikal ke Stasiun Peluncuran




Elon Musk bermimpi menjajah Mars dan mendirikan SpaceX dengan misi menjadikan umat manusia multiplanet dan tetap "sangat yakin" bahwa SpaceX akan mendaratkan manusia di Mars pada 2026.

Elon Musk pada bulan Juli mengatakan SpaceX sedang mengembangkan Starship yang dapat digunakan kembali sepenuhnya yang dapat mengirimkan muatan sekitar 150 ton ke Orbit Bumi yang rendah dan sekitar 250 ton saat digunakan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)