Canggih, Begini Cara Kerja Pesawat Tanpa Awak Melewati Radar

Kamis, 03 Februari 2022 - 21:07 WIB
loading...
Canggih, Begini Cara Kerja Pesawat Tanpa Awak Melewati Radar
Pesawat tanpa awak atau pesawat nirawak merupakan salah satu jenis pesawat terbang canggih yang mampu melewati radar. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Pesawat tanpa awak atau pesawat nirawak merupakan salah satu jenis pesawat terbang yang tidak menggunakan awak atau pilot untuk mengendalikannya. Pesawat tanpa awak atau biasa disebut Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dikendalikan melalui gelombang radio dari jarak jauh.

Saat ini, penggunaan terbesar dari pesawat tanpa awak adalah pada bidang militer. Selain itu, pesawat tanpa awak juga sering digunakan pada bidang videografi, geografi, dan fotografi.

Pesawat tanpa awak dapat digunakan untuk melakukan pemantauan jarak jauh yang berguna dalam pembuatan peta daerah, hingga peta daerah rawan bencana.



Pesawat tanpa awak memiliki dua variasi utama, yaitu pesawat tanpa awak yang dikontrol melalui pengendali jarak jauh dan pesawat tanpa awak yang terbang tanpa kontrol dan hanya berdasarkan program yang dimasukan ke dalam pesawat sebelum terbang.

Seiring berkembang pesatnya teknologi, pengawasan wilayah udara sebuah negara saat ini berpusat pada penggunaan Pendeteksian dan Penjangkauan Radio atau biasa dikenal dengan radar.

Sistem radar dalam fungsinya memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk bisa mengukur jarak, mendeteksi, dan melakukan pemetaan objek seperti posisi pesawat udara , hingga informasi mengenai perubahan iklim/cuaca.



Dalam pertahanan udara sebuah negara, radar digunakan sebagai alat untuk mendeteksi kemungkinan pesawat musuh sedang menyusup ke wilayah udara negara tersebut.

Dalam hal ini, pesawat tanpa awak dapat menghindari pantauan radar tersebut. Hal ini biasanya terjadi karena kemampuan radar yang dimiliki tidak menjangkau kontrol gelombang radio dari pesawat tanpa awak tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2587 seconds (0.1#10.140)