Bisakah Bulan Keluar dari Orbit Seperti dalam Film Moonfall? Ini Penjelasan Ahli dari NASA

Minggu, 06 Februari 2022 - 16:21 WIB
loading...
A A A
Beruntung, di tata surya tidak ada asteroid yang ukurannya mendekati ukuran Bulan. Asteroid terbesar yang diketahui, ukurannya sekitar 70 kali lebih kecil dari Bulan, dan mengorbit (terletak) antara Mars dan Jupiter di sabuk asteroid utama. “Sekitar 112 juta mil (180 juta km) dari Bumi,” kata NASA.


Bisakah Bulan Keluar dari Orbit Seperti dalam Film Moonfall? Ini Penjelasan Ahli dari NASA


Fakta ini mengesampingkan kemungkinan asteroid dari tata surya mampu mendorong dan mengeluarkan Bulan dari orbitnya atau meluncur menabrak Bumi. Bagaimana dengan objek buatan manusia? seperti bagian pendorong roket SpaceX Falcon 9 yang diperkirakan akan menabrak Bulan pada Maret 2022.

Segmen roket yang kehabisan bahan bakar, beratnya sekitar 4,4 ton (4 metrik ton). Booster yang sekarang kosong akan melaju dengan kecepatan sekitar 9.288 km/jam ketika menghantam sisi jauh Bulan pada 4 Maret 2022 pukul 07.25 EST.

Tabrakan itu, menurut laporan The New York Times, akan menghasilkan kawah berukuran diameter sekitar 20 meter. Jadi, tidak ada bahaya tabrakan yang mempengaruhi orbit Bulan, namun CNEOS terus memantau lintasan roket.

"Kami sedang melakukan beberapa perhitungan khusus untuk objek ini. Sangat menarik bagi pesawat ruang angkasa LRO [NASA's Lunar Reconnaissance Orbiter], yang mengorbit bulan dan bisa mengambil gambar kawahnya. Kita bisa mencari tahu lokasinya, memprediksi ke mana harus mencari dan di mana kawah itu akan berada," pungkas Paul Chodas.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)